Kapolda Papua: Kami akan Cari dan Tangkap Mereka

Kapolda Papua: Kami akan Cari dan Tangkap Mereka
Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri (ANTARA/Evarianus Supar)

jpnn.com, TIMIKA - Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri berkomitmen mencari dan menangkap kelompok bersenjata separatis Papua yang merupakan pelaku serangkaian aksi kekerasan di Beoga dan Ilaga, Kabupaten Puncak, dalam beberapa waktu terakhir.

"Tentu kami akan kejar terus mereka,” tegas Irjen Fakhiri di Timika, Selasa (13/4).

Jenderal bintang dua itu menyatakan bahwa perbuatan kelompok tersebut sudah melanggar hukum.

Dia menegaskan, aparat Polri dan TNI tidak akan mundur satu langkah pun untuk menegakkan aturan.

“Kami akan cari dan tangkap mereka,” kata Irjen Fakhiri.

Dia mengaku menerima informasi bahwa Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dari berbagai wilayah di pegunungan Papua mendapatkan perintah dari pimpinan KKB Lek Gakak Telenggen untuk berkumpul di Ilaga, Ibu Kota Kabupaten Puncak.

Menurutnya, agenda utama berkumpulnya para gembong kelompok bersenjata separatis Papua itu untuk menyelesaikan persoalan adat perang suku.

"Rombongan yang dari Beoga itu juga mau berkumpul ke Ilaga, tetapi mengapa mereka melakukan hal-hal yang melewati batas perikemanusiaan dengan menembaki guru-guru yang bertugas di sana," sesal Irjen Fakhiri.

Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri menegaskan TNI dan Polri tidak akan mundur walau satu langkah dalam menegakkan hukum. Irjen Fakhiri menegaskan akan mencari dan menangkap KKB yang telah melanggar hukum.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News