Kapolri Aktifkan Kembali Pam Swakarsa, Lemkapi Menilai Begini

Kapolri Aktifkan Kembali Pam Swakarsa, Lemkapi Menilai Begini
Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) menyambut positif langkah Kapolri Jenderal Pol Idham Azis menghidupkan kembali Pengamanan Swakarsa di tengah masyarakat.

Menurut Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan, Pam Swakarsa dibutuhkan paling tidak di tengah masa-masa pandemi Virus Corona (COVID-19) sekarang ini.

Pam Swakarsa diaktifkan kembali lewat Peraturan Kapolri Nomor 4/2020 tetang Pengamanan Swakarsa.

"Kami menilai Perkap itu dibutuhkan dalam melindungi dan mengamankan masyarakat, khususnya saat pandemi Covid 19," ujar Edi Hasibuan di Jakarta, Jumat (18/9).

Mantan anggota komisi kepolisian nasional (Kompolnas) ini kemudian menyebut, masalah keamanan tak sepenuhnya tanggungjawab Polri dan TNI.

Dibutuhkan kepedulian semua pihak, termasuk seluruh elemen masyarakat agar peduli terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Selain itu, juga dibutuhkan partisipasi pengamanan swakarsa seperti satuan pengamanan (satpam), sistem keamanan lingkungan (siskamling) dan pertahanan sipil (Hansip) untuk memperkuat pengamanan di tengah masyarakat.

Edi menilai, pada masa pandemi Covid 19 Pam Swakarsa paling tidak dapat mengingatkan warga agar patuh terhadap protokol kesehatan.  

Lemkapi ikut menyoroti langkah Kapolri mengaktifkan kembali keberadaan Pam Swakarsa. Begini penilaiannya...

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News