Kapolri Copot Kapolda Sumut

Kapoltabes Medan Anton Suhartono ikut Dicopot

Kapolri Copot Kapolda Sumut
Kapolri Copot Kapolda Sumut
JAKARTA – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri ) Bambang Hendarso Danuri seperti tidak bisa mengelak lagi, untuk menindak tegas anak buahnya yang lalai dalam mengamankan aksi demontrasi di DPRD Sumatera Utara. Setelah melalui serangkaian pertemuan dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyon dan  Menkopolhukam Widodo AS, akhirnya Kapolri mengumumkan pencopotan dua pejabat kepolisian di Sumut. Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara Irjen Nanan Sukarna dan Kapoltabes Medan Anton Suhartono.  Kepastian pencopotan itu disampaiakn Kapolri usai rapat terbatas untuk membahas kasus Medan di Istana Presiden, Jumat (6/2).

Baik Kapoldasu maupun Kapoltabes Medan dinilai telah lalai sehingga aksi demo berujung anarki dan merenggut korban jiwa.”Akan ada penggantian dalam waktu yang tidak terlalu lama. Kapolda dan Kapoltabes Medan,” ujar Kapolri.

Menurutnya, pencopotan didasarkan pada laporan Inspektorat Pengawasan Umum  (Irwasum). Dari laporan Irwasum ke Kapolri, ternyata aparat di lapangan tidak melakukan tindakan secara professional.

Meski demikian Kapolri menegaskan bahwa pencopotan itu bukan karena tekanan politik ataupun desakan berbagai pihak seperti disuarakan para politisi Golkar. Pencopotan tersebut, kata Kapolri, merupakan sanksi yang perlu dilakukan karena aparatnya ada yang bertindak tidak professional.

JAKARTA – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri ) Bambang Hendarso Danuri seperti tidak bisa mengelak lagi, untuk menindak tegas anak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News