Kapolri Gusar Lihat Kerusakan Hutan

Minta Pelaku Dikenakan Pasal Berlapis

Kapolri Gusar Lihat Kerusakan Hutan
TINJAU - Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri saat melihat langsung kerusakan hutan akibat aksi pembalakan liar di Desa Lempesu, Kecamatan Pasir Belengkong, Kaltim, Selasa (29/9). Foto: Hidson Humrie/KP.
TANAH GROGOT - Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri tak bisa menyembunyikan kegusarannya, saat melihat langsung kawasan hutan yang rusak akibat aksi pembalakan liar di Desa Lempesu, Kecamatan Pasir Belengkong, Kabupaten Paser, Kaltim. Ia pun memastikan kalau operasi tindak lanjut masih akan dilakukan, serta berniat memberlakukan hukuman berat bagi pelakunya.

"Ternyata jumlahnya sangat besar dan kerusakan lingkungannya begitu parah, sehingga harus dikenakan pasal berlapis. Bukan hanya pasal (dari UU) 41/1999 tentang Kehutanan, tapi juga tentang lingkungan hidup. Bahkan, jika terungkap ada indikasi kasus korupsinya, maka pejabat yang terlibat harus ditindak tegas," tandas Kapolri, seraya meminta agar semua barang bukti, termasuk ekskavator sebanyak delapan unit, empat unit buldozer, satu dump truck serta enam unit chainsaw disita untuk negara.

Penjelasan Kapolri itu disampaikan kepada sejumlah wartawan media cetak dan elektronik, saat meninjau langsung lokasi illegal logging di Desa Lempesu, Selasa (29/9) kemarin. Kapolri datang meninjau lokasi tersebut menggunakan helikopter, dengan didampingi sejumlah jenderal dari Mabes Polri, termasuk juga Pangdam IV Tanjung Pura dan Kapolda Kaltim.

Menurut Kapolri, tindakan kepolisian yang sudah dilakukan Kapolda Kaltim sekarang ini, menunjukkan masih adanya ketidaksadaran. Apalagi katanya, dari yang terdahulu, pelakunya yang sekarang masuk DPO hanya divonis 10 bulan untuk kejahatan yang sama, lantas kini malah melakukan hal yang sama di tempat ini.

TANAH GROGOT - Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri tak bisa menyembunyikan kegusarannya, saat melihat langsung kawasan hutan yang rusak akibat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News