Kapolri: Ibarat Film, Polantas seperti Manusia Baja

Kapolri: Ibarat Film, Polantas seperti Manusia Baja
Foto: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Foto: Humas Polri.

jpnn.com, TANGERANG SELATAN - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan apresiasi atas kerja keras dan pengabdian jajaran polisi lalu lintas (polantas) dalam menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) di tengah pandemi Covid-19.

"Diibaratkan film bahwa polantas seperti manusia baja karena dalam situasi apa pun, hujan, panas, gelap, bencana, selalu hadir," kata Jenderal Listyo saat membuka Rapat Kerja Teknis Fungsi Lalu Lintas 2021 di Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (10/3).

Mantan Kabareskrim Polri itu mengatakan polantas merupakan perwakilan Polri yang selalu berada di garis depan dalam melayani masyarakat. Oleh karena itu, kata dia, tentu ada risiko yang melekat dalam menjalankan tugas tersebut.

"Kegiatan positif akan berdampak positif bagi organisasi Polri dan sebaliknya, maka harus dijaga performa dengan baik dan prima," pesan orang nomor satu di Korps Bhayangkara itu.

Jenderal Listyo lantas meminta jajaran polantas untuk melakukan transformasi yang presisi (prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan) baik dalam organisasi, operasional, pelayanan publik, dan pengawasan. Selain itu, dia juga meminta jajaran polantas memanfaatkan teknologi agar pelayanan ke masyarakat bisa maksimal.

"Saya minta kepada lantas mempunyai performance yang bagus dan hal-hal yang berisiko diganti dengan teknologi, dan tugas difokuskan pada pengaturan lantas, (misalnya) mengurai kemacetan," kata jenderal bintang empat ini.

Jenderal Listyo berpesan jajaran polantas harus memikirkan bagaimana memberikan pelayanan tanpa kehadiran masyarakat.

Salah satu contohnya pelayanan pembuatan SIM ke depan ujiannya bisa dilaksanakan menggunakan aplikasi.

Kapolri Jendeal Listyo Sigit Prabowo memberikan pujian kepada jajaran polisi lalu lintas yang selalu hadir dalam setiap kondisi apa pun. Jenderal Listyo juga memerintahkan polantas melakukan inovasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News