Kapolri Minta Perketat Pengawasan Warga dari Luar Negeri di Bandara Soetta

Kapolri Minta Perketat Pengawasan Warga dari Luar Negeri di Bandara Soetta
Foto: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Ketua DPR Puan Maharani meninjau Bandara Soekarno Hatta. (Dok Humas Polri)

jpnn.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meninjau Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Rabu (12/5). 

Dalam peninjauan itu, Listyo meminta kepada seluruh petugas di Bandara Soetta untuk memperketat pengawasan bagi WNI dan WNA yang masuk ke Indonesia.

"Ada dua tugas pokok, pertama bagimana mengawasi kuat masyarakat yang datang dari luar negeri dan perketat protokol kesehatan bagi masyarakat dan WNA yang keluar ke Bandara Soetta," ujar Listyo dalam siaran persnya.

Menurut Listyo, pengetatan pengawasan dilakukan dalam rangka implementasi kebijakan pelarangan mudik lebaran. Hal itu diperlukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Mantan Kapolda Banten ini juga menekankan soal proses karantina bagi seluruh orang yang dari luar negeri masuk ke Indonesia. Pasalnya, mereka yang tiba harus dilakukan karantina mandiri hingga dipastikan tidak terpapar virus corona. 

"Pastikan mereka sudah vaksin atau belum yang dari luar negeri. Proses karantina tidak ada yang lolos, setiap bus ada petugasnya dalam menuju ke hotel yang sudah ditetapkan," ujar Listyo.

 Tak hanya itu, Listyo juga meminta adanya pengawasan ketat di saat masa arus balik Lebaran 2021 nanti. Petugas harus memastikan masyarakat bisa menunjukan hasil swab antigen dan sudah divaksinasi.  

"Setelah masuk bandara tetap protokol kesehatan  dilakukan secara ketat. Maka yang melintas bandara bisa ditekan potensi penyebaran Covid-19," kata Listyo.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memperketat pengawasan selama arus mudik di bandara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News