Kapten Baru, Gaya Lama

Kapten Baru, Gaya Lama
KAPTEN - Mark van Bommel (depan) dan anggota tim Oranje lainnya menjelang salah satu laga di PD 2010 lalu. Foto: FIFA.com.
AMSTERDAM - Jabatan kapten timnas Belanda lowong setelah bek veteran Giovanni van Bronckhorst menyatakan pensiun usai Piala Dunia 2010 lalu. Namun, mulai kemarin, posisi tersebut kembali terisi. Jelang laga kualifikasi Euro 2012 melawan San Marino dini hari nanti WIB, pelatih Bert van Marwijk menunjuk gelandang Mark van Bommel sebagai de kapitein anyar.

Penunjukkan itu mengundang kontroversi. Pasalnya, Van Bommel tak lain adalah menantu sang pelatih sendiri. Namun, Van Marwijk menegaskan bahwa penggawa Bayern Munchen itu merupakan sosok yang paling tepat memimpin De Oranje - sebutan Belanda - di lapangan. Lagipula, lanjutnya, penunjukkan dia sudah disetujui seluruh anggota tim dan petinggi federasi sepak bola Belanda (KNVB).

"Saya juga sudah mendiskusikannya dengan staf teknis sebelum diputuskan," bela Van Marwijk seperti dilansir Reuters. "Mark (van Bommel) memang sosok yang paling tepat. Dari segi umur dan posisi, dia pas sekali. Dia juga sudah pernah menjalankan peran kapten di PSV Eindhoven, dan cukup sukses," lanjutnya.

Di usia 33 tahun, Van Bommel memang terhitung sebagai salah satu penggawa paling senior di skuad Oranje. Dia hanya kalah oleh striker gaek Ruud van Nistelroy yang berusia 34 tahun. Namun, karena Van Nistelroy belum tentu mendapat tempat utama, Van Marwijk lebih memilih Van Bommel.

AMSTERDAM - Jabatan kapten timnas Belanda lowong setelah bek veteran Giovanni van Bronckhorst menyatakan pensiun usai Piala Dunia 2010 lalu. Namun,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News