JPNN.com

Karhutla Sebabkan Orang Utan Kena ISPA, Begini Strategi KLHK

Kamis, 19 September 2019 – 21:05 WIB Karhutla Sebabkan Orang Utan Kena ISPA, Begini Strategi KLHK - JPNN.com
Orang Utan. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Sumatera dan Kalimantan juga membuat orang utan terdampak. Selain habitat yang rusak, tak sedikit orang utan yang mengalami infeksi saluran pernafasan akut (ISPA).

Dirjen Konservasi, Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Wiratno mengatakan, menyikapi hal tersebut mereka langsung mengerahkan tim rescue ke lapangan.

“Sekarang tim rescue sedang di lapangan dan melakukan pemeriksaan,” ujar Wiratno saat dihubungi, Kamis (19/9).

Menurut dia, nanti setelah diobati, orang utan yang dievakuasi akan dibawa ke tempat rehabilitasi khusus primata yakni Labanan, Nyaru Menteng, dan Batubelin.

Sejauh ini, kata Wiratno, dari data yang dimiliki KLHK ada sebanyak 37 individu orang utan Kalimantan Tengah di Pusat Rehabilitasi Orang utan Nyaru Menteng, Bukit Batu, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, terkena infeksi saluran napas atas (ISPA) akibat asap yang menyelimuti Kota Palangka Raya sepekan terakhir.

Selain itu, ada sejumlah orang utan yang menyasar ke perkebunan warga karena karhutla yang menghanguskan habitatnya.(cuy/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...