Karolin Berkomitmen Membantu Alsintan untuk Petani

Karolin Berkomitmen Membantu Alsintan untuk Petani
Alat mesin pertanian (Alsintan) di persawahan. Foto: Istimewa

jpnn.com, KUBU RAYA - Petani memerlukan alat dan mesin pertanian (alsintan) yang memadai agar produksinya meningkat. Untuk meningkatkan produksi di sektor pertanian maka pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat wajib memfasilitas pemberian Alsintan kepada petani. Hal ini penting untuk mendorong mekanisasi pertanian bisa berjalan dengan baik.

Calon Gubernur Kalimantan Barat nomor urut dua, dr. Karolin Margret Natasa berkomitmen untuk membantu petani agar hasil produksi pertaniannya meningkat.

“Petani perlu bantuan program yang menggairahkan semangat untuk meningkatkan hasil pertanian. Bantuan alat dan mesin pertanian sangat penting untuk menuju swasembada pangan di daerah ini,” kata Karolin ketika bertemu sejumlah petani di Kabupaten Kubu Raya beberapa waktu lalu.

Karolin menjelaskan bahwa mekanisasi pertanian merupakan suatu ilmu tentang penggunaan alat dan mesin untuk aktivitas pertanian (alsintan).

“Alat dan mesin pertanian yang digerakkan baik dengan tenaga manusia, tenaga hewan, tenaga motor maupun tenaga mekanis lainnya,” terang dia.

Di negara berkembang, tambah cagub nomor urut 2 ini, pengembangan sektor pertanian terutama penerapan mekanisasi pertanian sudah lama diterapkan.

“Di Indonesia juga sudah memulai. Tinggal yang kita inginkan, ada pemahaman yang merata di setiap petani khususnya di Kalbar termasuk di Kecamatan Terentang ini,” katanya.

Menurut dia, antara pertanian yang dikelola secara tradisional dengan sistem yang lebih modern, tentu saja hasilnya akan jauh berbeda.

Petani memerlukan alat dan mesin pertanian (alsintan) yang memadai agar produksinya meningkat. Untuk itu pemerintah perlu memberikan alsintan ke petani.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News