Karyawan Mendapat Subsidi Gaji dan Bantunan Makanan Setiap Bulan dari Pemerintah

Karyawan Mendapat Subsidi Gaji dan Bantunan Makanan Setiap Bulan dari Pemerintah
Presiden El Salvador Nayib Bukele di San Salvador, El Salvador, Minggu, 9 Februai 2020. Foto: REUTERS/Victor Pena/ama/cfo

jpnn.com, SAN SALVADOR - Pemerintah El Salvador menyediakan pinjaman lebih dari 500 juta dolar AS untuk pelaku usaha, bantuan subsidi gaji, dan program penyaluran pangan.

Otoritas setempat, Kamis (23/4), menjelaskan bahwa uang itu dianggarkan untuk meringankan dampak ekonomi akibat virus corona COVID-19.

Pemerintahan di bawah pimpinan Presiden Nayib Bukele akan bekerja sama dengan asosiasi usaha guna mengamankan pendanaan paket bantuan yang nilainya lebih dari satu miliar dolar AS, kata menteri ekonomi dan menteri keuangan El Salvador.

Paket bantuan itu di antaranya terdiri dari pinjaman berbunga rendah dengan total nilai 360 juta dolar AS untuk usaha kecil dan menengah, dan 100 juta dolar AS untuk sektor usaha informal.

Bantuan itu juga akan digunakan sebagai subsidi gaji karyawan usaha bidang kecil dan menengah yang setara dengan pendapatan mereka tiap bulannya.

Total subsidi gaji diperkirakan mencapai 140 juta dolar AS ditambah bantuan makanan tiap bulan sebesar 50 juta dolar AS.

Paket bantuan makanan dan subsidi gaji itu akan membantu 1,7 juta keluarga di El Salvador mencukupi kebutuhan pokoknya di tengah wabah corona.

"Gagasan di balik program ini, antara lain memberi suntikan likuiditas yang kita butuhkan karena kita tahu situasi saat ini merupakan salah satu tantangan terbesar yang dihadapi pelaku usaha," kata Menteri Ekonomi Maria Hayem.

Karyawan yang terdampak krisis ekonomi akibat virus corona COVID-19, akan mendapat subsidi gaji dari pemerintah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News