Kasihan, 4 Jemaah Asal Kebumen Gagal ke Tanah Suci

Kasihan, 4 Jemaah Asal Kebumen Gagal ke Tanah Suci
Calon jemaah yang gagal ke tanah suci. Foto: istimewa

jpnn.com - Menjelang Hari Raya Iduladha, empat calon jamaah Haji asal Kebumen Jawa Tengah malah gagal berangkat ke tanah suci. Mereka adalah Muslimah, Tukiyah, Mariana dan Suryatin.

Sedianya, empat calon jamaah diberangkatkan dari Jakarta melalui Haji Plus pada 17 Agustus 2018. Mereka telah mendaftar ke PT Nursa Tours and Travel sejak 2016.

Mirisnya, kabar batal keberangkatan diterima saat mereka sudah bersiap-siap berangkat ke Jakarta pada Rabu 15 Agustus lalu.

"Tiba-tiba diberitahu melalui telepon untuk menunggu sampai hari Kamis 16 Agustus 2018. Pada Minggu (19/8) diberi pemberitahuan lagi bahwa tidak bisa berangkat," ujar Hafidz Asrori, salah satu kerabat calon jamaah Haji kepada wartawan, Selasa (21/8).

Menurut Hafidz, semua persyaratan calon jamaah Haji sudah dipenuhi, termasuk pelunasan biaya. Namun tetap saja keluarganya gagal berangkat Haji.

Kesedihan pun menyelimuti keempat calon jamaah Haji yang gagal berangkat tersebut. Termasuk para kerabat dan keluarga.

Rupanya, peristiwa ini bukan pertama kali dialami mereka. Sebelumnya, mereka juga dijanjikan berangkat oleh pihak travel namun gagal. Hal ini jugalah yang membuat para calon jamaah Haji menempuh jalur hukum dan melaporkan perusahaan Umrah dan Haji yang berkator di Jalan Utan Kayu, Jakarta Timur tersebut ke Dirjen Urusan Haji dan Umrah Departemen Agama RI.

Sementara itu, pihak PT Nursa Tours and Travel melalui bagian staf admin Khairil membenarkan tentang adanya empat calon jamaah Haji asal Kebumen yang gagal berangkat.

Menjelang Hari Raya Iduladha, empat calon jamaah Haji asal Kebumen Jawa Tengah malah gagal berangkat ke tanah suci.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News