Kasus Covid-19 Alami Lonjakan, Wiku: Disiplin Protokol Kesehatan Turun Drastis

Kasus Covid-19 Alami Lonjakan, Wiku: Disiplin Protokol Kesehatan Turun Drastis
Ilustrasi Covid-19. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kedisiplinan warga untuk menerapkan protokol kesehatan menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan telah menurun drastis, yang mengakibatkan tingkat penularan COVID-19 di Indonesia terus meningkat.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan, penambahan positif COVID-19 di Indonesia mencapai 8.369 kasus dalam satu hari pada 3 Desember lalu.

“Ini adalah akibat telah terjadinya penurunan drastis tingkat kedisiplinan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan 3M,” kata Wiku dalam telekonferensi pers di Jakarta, Selasa (8/12).

Wiku mengatakan, tingkat penambahan kasus pada 3 Desember 2020 tersebut menunjukkan kondisi yang sangat membahayakan dan mencerminkan masih tingginya penularan virus SARS-CoV-2 di masyarakat.

Berdasarkan data terakhir, ungkap Wiku, tingkat kepatuhan masyarakat dalam memakai masker turun dari 83,67 persen pada bulan September 2020 menjadi 57,78 persen pada awal Desember 2020.

Kondisi ini juga diperburuk dengan turunnya tingkat kedisplinan warga dalam menjaga jarak dari 59,57 persen menjadi 41,75 persen pada periode yang sama.

Wiku mengatakan tidak ada upaya lain yang efektif selain masyarakat patuh terhadap protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19 saat ini.

Sikap mematuhi protokol kesehatan adalah kewajiban semua pihak dalam situasi pandemi seperti ini.

Kedisiplinan warga untuk menerapkan protokol kesehatan menurun drastis jadi pemicu tingkat penularan COVID-19 di Indonesia terus meningkat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News