Kasus Covid-19 Meningkat, Melki Laka Lena Merespons Begini

Kamis, 17 Juni 2021 – 20:53 WIB
Kasus Covid-19 Meningkat, Melki Laka Lena Merespons Begini - JPNN.com
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Melki Laka Lena. Foto: Dokpri for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi lX DPR RI Melki Laka Lena memberikan cacatan terkait adanya lonjakan kasus Covid-19 di tanah air.

Menurut Melki, perlu memperbanyak testing dan tracing sehingga tergambar peta penyebaran covid-19.

“Kami juga mendorong untuk memperkuat kapasitas RT dan RW, dusun, kampung, desa, kelurahan dalam melakukan testing, tracing, dan isolasi mandiri pasien positif yang berkategori ringan atau OTG,” kata Melki Laka Lena pada Kamis (17/6).

Politikus Partai Golkar ini menekankan pentingnya memperkuat konsolidasi tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan tingkat pertama (Puskesmas dan klinik). Termasuk RS rujukan covid maupun isolasi terpusat di level kecamatan atau kabupaten dalam berbagi tugas dan tanggung jawab dalam menangani lonjakan kasus di masing-masing daerah.

“Antardaerah atau antar-RS perlu saling dukung bersama asosiasi kesehatan setempat, juga sekolah kesehatan untuk menyiapkan tenaga pendukung apabila ada daerah tertentu yang kategori merah atau bahkan hitam karena kasusnya melonjak tinggi,” ujar Melki.

Melki mendorong pelaksanaan protokol kesehatan secara ketat di semua daerah dan PPKM skala mikro level RT RW dusun kampung desa kelurahan kembali dilakukan secara lebih disiplin dan tanpa kompromi dalam beberapa waktu ke depan.

Selain itu, Melki mengatakan fasilitas publik dan transportasi publik perlu dibatasi secara ketat dalam situasi dan kondisi saat ini.

“Jadi, perlu mengurangi keramaian dan berkumpulnya banyak orang dalam waktu yang lama. Pertemuan dan acara dalam bentuk daring diutamakan daripada tatap muka,” tegas Melki.(fri/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...