JPNN.com

Kasus Kekerasan Seksual pada Anak Terus Meningkat

Senin, 27 November 2017 – 19:05 WIB Kasus Kekerasan Seksual pada Anak Terus Meningkat - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Jumlah anak jalanan di Indonesia terus bertambah. Berdasarkan data Kementerian Sosial, pada 2016 terdapat 33.400 anak jalanan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sementara, jumlah anak jalanan di Jakarta juga mencapai angka yang sangat tinggi, yaitu 7.600 dan juga dengan kota-kota besar lainnya.

Menyikapi fakta tersebut, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) bekerja sama dengan United States Department Of Justice – International Criminal Investigative Training Assistance Program (USDOJ/ICITAP) – Kedutaan Besar Amerika Serikat Jakarta, dan Yayasan Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GNOTA) mengadakan kegiatan penyadartahuan tentang komunitas anak jalanan untuk menghindari adanya korban dari isu/kejahatan sosial.

Anak-anak jalanan rentan berhadapan dengan berbagai masalah sosial, seperti kekerasan terhadap anak, kekerasan seksual, dan pornografi anak.

Menurut Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), jumlah kasus kekerasan seksual yang dilaporkan di tingkat nasional mencapai 15 persen dari 2.636 kasus pada 2012 meningkat menjadi 3,039 di tahun 2014.

Jakarta adalah kota dengan angka tertinggi untuk kasus kekerasan seksual pada anak jalanan. Dengan kata lain, kebanyakan kasus kekerasan terhadap anak banyak dilaporkan dari Jakarta.

Sekretaris Kementerian PPPA, Pribudiarta Nur Sitepu mengatakan, fakta tersebut menguatkan bahwa anak jalanan merupakan kelompok sosial yang memerlukan perlindungan khusus karena mereka tinggal di lingkungan yang berpotensi terjadinya kekerasan dan penelantaran.

“Tingginya angka anak jalanan akibat putus sekolah di Indonesia bisa berakibat fatal untuk perkembangan negara ini karena anak merupakan generasi penerus bangsa, dengan membentuk generasi kuat maka secara otomatis akan memperkuat Indonesia," kata Pribudiarta di Jakarta, Senin (27/11).

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...