Kasus Omicron Meningkat, Menag Yaqut Ingatkan Hal Ini ke Umat Konghucu

Kasus Omicron Meningkat, Menag Yaqut Ingatkan Hal Ini ke Umat Konghucu
Menag Yaqut Cholil Qoumas. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan kepada umat Konghucu untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes) saat merayakan Tahun Baru Imlek 2573 Kongzili. 

Terlebih lagi, penularan Covid-19 beserta varian barunya seperti Omicron mulai menanjak di Indonesia dalam beberapa pekan ke belakang.

"Mari rayakan Imlek tahun ini dengan kesederhanaan dan jalankan prokes tanpa mereduksi maknanya," ujar Menag Yaqut dalam keterangan persnya, Sabtu (29/1).

Mantan Ketua GP Ansor itu mengatakan pihaknya telah meneken Surat Edaran Nomor SE 02 Tahun 2022 pada tanggal 25 Januari 2022 sebagai panduan penerapan prokes saat perayaan Imlek.

Menag pun berharap SE itu bisa dijalankan umat Konghucu demi keamanan bersama.

"Mari saling mengingatkan akan pentingnya menjaga prokes ini di berbagai kondisi termasuk saat merayakan Imlek," tutur dia.

SE Nomor SE 02 Tahun 2022 berisi tentang panduan teknis pelaksanaan Hari Raya Tahun Baru Imlek 2573 Kongzili.

Prinsipnya, hari raya itu bisa dilaksanakan di semua kelenteng, miao, litang, atau xuetang dengan catatan harus digelar secara terbatas.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan kepada umat Konghucu untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes) saat merayakan Tahun Baru Imlek 2573 Kongzili.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News