Kata Boni, Kemenangan Anies Menyisakan Persoalan Serius

Kata Boni, Kemenangan Anies Menyisakan Persoalan Serius
Boni Hargens. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei Indo Barometer yang dirilis di Jakarta, Kamis (15/2) menyebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal menjadi lawan terberat Joko Widodo di Pilpres 2019, jika Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto memutuskan tidak maju sebagai calon presiden.

Menanggapi temuan tersebut, pengamat politik Boni Hargens menilai hal sah-sah saja. Apalagi merupakan hasil survei.

Namun jika dikaitkan dengan kondisi politik akhir-akhir ini, terlalu prematur memastikan Anies sebagai lawan yang potensial untuk Jokowi.

"Apalagi jika menjadikan acuan hasil Pilkada DKI 2017 lalu, sebagai dasar untuk memberikan penilaian. Karena keberhasilan di Pilkada DKI Jakarta tidak menjadi fenomena yang menguntungkan bagi Anies. Kemenangan itu menyisakan persoalan serius," ujar Boni kepada JPNN, Jumat (16/2).

Menurut Boni, pola kampanye dan isu yang dimainkan selama Pilkada DKI 2017 lalu, justru menurunkan citra dan ekspektasi publik terhadap Anies.

Selain itu, kepemimpinan mantan Menteri Pendidikan Dasar dan Kebudayaan (Mendikbud) tersebut, kata Boni, juga belum memperlihatkan hasil yang spektakuler setelah 100 hari menjabat.

Direktur Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) berpandangan, kondisi yang ada justru akan memojokkan Anies.

"Saya kira, saat ini nama Anies disebut-sebut (kandidat calon presiden potensial,red) karena tidak ada figur muda dan alternatif yang bisa menggeser posisi Prabowo sebagai oposisi Jokowi," pungkas Boni.(gir/jpnn)

Boni Hargens mengatakan, pola kampanye dan isu yang dimainkan selama Pilkada DKI 2017 lalu, justru menurunkan citra Anies Baswedan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News