Inilah Lawan Tanding Jokowi di Pilpres 2019

Inilah Lawan Tanding Jokowi di Pilpres 2019
Jenderal Gatot Nurmantyo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Petahana Joko Widodo masih perkasa. Elektabilitasnya berada di posisi teratas dalam berbagai survei soal calon presiden di Pilpres 2019. Namun, posisi Jokowi tak akan selamanya aman. Tokoh-tokoh alternatif bakal muncul menjadi pesaingnya.

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta Pangi Sarwi Chaniago mengatakan partai politik (parpol) akan membuat kejutan. "Pasti akan ada kejutan dari parpol," kata Pangi menjawab JPNN.com, Jumat (16/2).

Pangi menegaskan, Jokowi tentu akan punya lawan tanding sepadan. Akademisi yang karib disapa Ipang atau Papang itu lantas menyebut sejumlah calon alternatif yang bisa menyaingi Jokowi.

Mereka adalah duet mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo-Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH Muhammad Zainul Majdi atau akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB).

Selain dengan TGB, Pangi menegaskan Gatot juga bisa berpasangan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan. "Saya pikir calon alternatif yang bisa menjadi lawan tanding sebanding melawan Jokowi adalah Gatot-TGB, Gatot-Anies Baswedan," kata Pangi.

Dia meyakini figur-figur tersebut bisa mengalahkan elektabilitas Jokowi di Pilpres 2019. "Ini adalah lawan tanding yang bisa menyalip racikan elektoral Jokowi," ungkap Pangi.

Direktur eksekutif Voxpol Research and Consulting itu menambahkan kalau Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mau melepas posisi capres, tentu duet-duet tadi bisa diusung oleh partai berlambang burung garuda tersebut.

Tentunya tetap harus berkoalisi dengan partai politik lain untuk memenuhi ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold (PT) 20 persen. "Kalau Prabowo mau melepas yaitu Gerindra (bisa mengusungnya)," ujar dia.

Joko Widodo akan mendapat lawan tanding sepadan di Pilpres 2019. Salah satunya adalah Gatot Nurmantyo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News