Kata Mbak Eva, Ada Tiga Pemicu Politikus Pindah Partai

Kata Mbak Eva, Ada Tiga Pemicu Politikus Pindah Partai
Eva Kusuma Sundari. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Politikus PDI Perjuangan Eva Kusuma Sundari mengatakan, konflik internal menjadi penyebab yang paling signifikan politikus pindah ke partai lain jelang Pemilu 2019.

Eva menganalogikan perpindahan partai itu dengan teori migrasi. Dalam teori itu, kata Eva, orang bermigrasi karena push factor (faktor pendorong) dan pull factor (faktor penarik).

Dia menjelaskan, kalau push factor itu ada dorongan dari partai lamanya seperti konflik. “Konflik itu sebagai pemicu utama saya pikir. PDIP pernah mengalami ini, tapi kemudian mereda,” kata Eva di gedung DPR, Jakarta, Kamis (19/7).

Selain itu, kata Eva, masalah parliamentary threshold (PT) 4 persen juga menjadi pemicu politisi memilih pindah partai. Eva menceritakan, berdasar realitas yang ada, banyak rekan-rekannya di Komisi XI DPR yang pengin pindah partai.

“”Wah saya harus cabut nih mbak karena (sepertinya) partai tidak lolos (PT), aku pindah saja”. Ada yang pindah menjadi calon anggota DPD, daripada kehilangan kesempatan ke Senayan, ada yang pindah ke sana, ke sini,” katanya.

Persoalan lain, lanjut Eva, adalah alat peraga kampanye (APK). Menurut Eva, ini tidak hanya persoalan tawaran bendera, kaus, tapi uang pun disediakan. “Ini bisa menjadi alasan, dan itu tampaknya pull factor. Jadi, ketertarikan orang karena APK dan kawan-kawan tadi,” ujarnya.

Namun, Eva mengatakan, persoalan ideologi sudah tidak relevan menjadi faktor penyebab orang pindah partai. Menurut Eva, banyak orang pindah partai semata-mata didorong karena kebutuhan untuk bertahan di panggung berpolitik.

Eva mengatakan, perpindahan politisi ke partai lain yang menyebabkan terjadinya pergantian antarwaktu (PAW) di DPR bukan satu-satunya faktor yang menyebabkan lemahnya kinerja DPR. Dia menegaskan bahwa sebelum ini memang kinerja DPR sudah tidak terlalu bagus. “Saya kok skeptis, ya. Sudah lama kinerja kita (DPR) sudah tidak terlalu bagus, ya,” katanya.

Eva Kusuma Sundari, politikus perempuan PDIP, menyebut ada tiga faktor pemicu seorang politikus pindah partai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News