Kata Pengamat Ini, Harga BBM Bisa Diturunkan

Kata Pengamat Ini, Harga BBM Bisa Diturunkan
ilustrasi bbm / jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat ekonomi Didik J Rachbini menilai, harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium harusnya bisa lebih murah dari berlaku sekarang. Pasalnya, harga minyak dunia saat ini sedang dalam tren menurun.

Harga BBM jenis premium saat ini masih Rp 7.400 per liter. Berdasakan hitungan Didik, dengan harga minyak dunia di kisaran USD 40 per barel, ada ruang untuk menurunkan harga hingga sebesar Rp 2000.

"Idealnya itu diturunkan harganya sekitar Rp 1.500 sampai Rp 2.000. Ini hasilnya akan terasa cepat, bisa terlihat dalam dua minggu," ujarnya dalam sebuah diskusi di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (26/9).

Kebijakan penurunan harga BBM diyakininya sangat tepat dilakukan dalam kondisi ekonomi melambat seperti sekarang. Pasalnya, penurunan harga BBM akan langsung memberi dampak positif pada daya beli masyarakat.

Meski begitu, Didik menyadari bahwa penurunan harga BBM bukan lah kebijakan yang baik untuk jangka panjang. Menurutnya, pemerintah hanya perlu menjadikan kebijakan tersebut sebagai stimulus yang bersifat sementara.

"Harus ada perjanjian, misalnya setahun ini BBM diturunkan, tapi tahun depan bisa naik lagi. Jadi turunnya ini saat krisis saja," pungkas politikus PAN itu. (dil/jpnn)


JAKARTA - Pengamat ekonomi Didik J Rachbini menilai, harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium harusnya bisa lebih murah dari berlaku sekarang.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News