Kau Cun, Ketika Setahun Sekali Telur Berdiri

Kau Cun, Ketika Setahun Sekali Telur Berdiri
Naga sepanjang 138 meter turut menyemarakkan pawai lampion di Kota Singkawang pada Sabtu (4/2) malam. Foto: Fachrozi/Pontianak Post
FENOMENA kau cun atau main telur telah berusia ratusan tahun. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa hal unik itu bakal terjadi. Yakni, momen ketika telur bisa berdiri tegak. Bagaimana bisa?

-------------

YUSRIZAL, Sintang

------------

Dengan bentuk lonjong, mustahil telur bisa berdiri. Kalaupun bisa, pasti dibutuhkan bantuan penyangga. Nah, di Sintang, Kalimantan Barat, ada fenomena unik yang hanya terjadi setahun sekali. Telur-telur yang biasanya menggelinding secara ajaib bisa berdiri tegak.

Telur-telur tersebut diberdirikan keluarga besar Kwee Lai Ciap, ketua Pemuda Tionghoa Sintang (Petisi). Beberapa telur sukses berdiri tegak di lantai tanpa penyangga. Kenyataan tersebut jelas mengundang rasa penasaran. Beberapa orang lantas mencoba melakukan hal serupa. Mereka mengambil telur dan berusaha memberdirikan telur. Tapi, tak ada satu pun yang berhasil.

FENOMENA kau cun atau main telur telah berusia ratusan tahun. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa hal unik itu bakal terjadi. Yakni, momen ketika

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News