Kaukus DPR Kecam Kekerasan di Masjid Al Aqsa

Kaukus DPR Kecam Kekerasan di Masjid Al Aqsa
Kerusuhan pecah di depan gerbang Masjid Al Aqsa, Selasa (18/7) malam. Foto: AA via Daily Sabah

jpnn.com, JAKARTA - Kaukus DPR RI untuk Palestina mengutuk kekerasan dan pemeriksaan superketat umat muslim di Masjid Al Aqsa, Yerusalem.

Anggota Kaukus DPR untuk Palestina yang juga Wakil Ketua Komisi VIII, Iskan Qolba Lubis menilai Israel sudah melanggar HAM umat muslim yang akan beribadah.

“Tindakan pelarangan salat Jumat di Al Aqsa adalah bentuk pelanggaran HAM untuk beribadah, yang pertama kalinya sejak 1969. Maka wajar memicu kemarahan dari umat Islam dan dunia," katanya di press room parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/7).

Iskan mengatakan, tindakan kekerasan di Masjid Al Aqsa layak disebut sebagai penistaan terhadap agama yang dilakukan zionis Israel. Mengingat perlakuan itu telah merusak kehormatan tempat suci bagi umat Islam.

"Apalagi dalam insiden kekerasan itu, telah memakan korban Sheikh Ikrima Sabri, imam Masjid Al Aqsa, yang terkena tembakan dalam upaya paksa pembubaran jemaah," jelas Iskan.

Di sisi lain, Kaukus secara tegas mendesak Israel untuk menghormati Masjid Al Aqsa sebagai warisan dunia yang sudah diakui oleh UNESCO. Sehingga harus dijaga dan dilestarikan. (fat/jpnn)

 


Kaukus DPR RI untuk Palestina mengutuk kekerasan dan pemeriksaan superketat umat muslim di Masjid Al Aqsa, Yerusalem.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News