JPNN.com

Kawanan Monyet Masuk Perumahan Mewah, Curi Makanan di Kulkas

Senin, 04 Juni 2018 – 00:31 WIB Kawanan Monyet Masuk Perumahan Mewah, Curi Makanan di Kulkas - JPNN.com

jpnn.com, BALIKPAPAN - Sudah dua bulan belakangan ini, Warga RT 15 Perumahan Wika, Kelurahan Gunung Samarinda Baru, Balikpapan Utara, Kaltim, dibikin resah oleh ulah kawanan monyet kra (Macaca fascicularis).

Secara beruntun, di pagi dan sore hari, kawanan monyet merangsek ke dalam rumah warga. Membuat kegaduhan, merampok makanan hingga merusak dan mengacak-acak isi rumah.

“Sampai makanan dalam kulkas diambilin,” terang Ketua RT 15 Gunung Samarinda Baru, Slamet Iman Santoso, Sabtu (2/6).

Kondisi monyet masuk ke perumahan sebenarnya sudah terjadi dua tahun terakhir. Namun dalam jumlah kecil dan tidak sampai masuk ke dalam rumah warga. Namun kali ini monyet datang dengan jumlah lebih banyak. Tercatat dari laporan seorang warga, jika rumahnya dimasuki sedikitnya enam ekor monyet. Dari ukuran dewasa hingga yang masih anak-anak.

“Dan mereka melawan kalau diusir. Agresif. Khawatirnya menyerang khususnya yang punya anak,” ungkap Iman.

Sedikitnya dalam dua bulan terakhir, ada enam rumah warga yang disambangi monyet. Tak hanya mencuri makanan, kawanan ekor panjang itu juga mencuri benda-benda mengilap.

Kasus terbaru, seorang warga kehilangan spion mobilnya. Tak hanya satu, namun sepasang. “Kami kira dicuri manusia. Ternyata ada yang melihat yang mencuri itu monyet,” sebutnya.

Soal asal monyet, Iman menduga berasal dari hutan kota dekat perumahan. Namun diduga karena kondisinya semakin menyempit dan pasokan makanan untuk primata itu berkurang, maka kawanan ini masuk ke perumahan. Untuk menanggulangi persoalan ini, pihaknya sudah melapor ke kantor Lurah Gunung Samarinda Baru.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...