Rabu, 20 Maret 2019 – 20:20 WIB

Kaya Vitamin C, Ini 5 Khasiat Minum Perasan Jeruk Nipis Hangat

Kamis, 14 Maret 2019 – 22:36 WIB
Kaya Vitamin C, Ini 5 Khasiat Minum Perasan Jeruk Nipis Hangat - JPNN.COM

jpnn.com - Di balik rasa yang asam, jeruk nipis ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bagi yang ingin diet, mereka percaya bahwa asam jeruk nipis bisa menghancurkan lemak.

Cara mengonsumsinya juga beragam. Salah satunya dengan perasan air jeruk nipis hangat. Sementara sebagian orang percaya air perasan jeruk nipis dicampur kecap bisa menyembuhkan penyakit batuk.

Terkenal karena cadangan asam askorbatnya, jeruk nipis menyediakan 32 persen asupan vitamin C. Jeruk nipis memiliki kandungan air dan mineral yang tinggi seperti kalsium, zat besi, tembaga, natrium, magnesium, fosfor, dan kalium serta vitamin seperti folat, vitamin A, vitamin E, dan vitamin K.

Selain itu, kulit jeruk nipis juga kaya akan serat makanan, antioksidan, flavonol glikosida seperti kaempferol. Serta beragam phytochemical seperti polifenol, limonene, dan terpena. 

Untuk memaksimalkan manfaat jeruk nipis, cobalah campur dengan air hangat. Bisa dengan cara memasukkan potongan jeruk nipis ke dalam air hangat. Atau mencampurkan perasan jeruk nipis dengan air hangat. Berikut beberapa khasiat yang bisa didapatkan.

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Jeruk nipis memecah makromolekul makanan, flavonoidnya merangsang sistem pencernaan dan meningkatkan sekresi pencernaan, empedu, dan asam. Jeruk nipis juga merangsang gerakan peristaltik. Jumlah asam yang cukup dalam jeruk nipis membantu membersihkan sistem ekskresi. Serat pada jeruk nipis juga membantu meringankan sembelit. Cobalah minum segelas air jeruk nipis hangat sekitar 30 menit sebelum makan sehingga membantu mencegah gejala mulas atau refluks asam.

2. Menurunkan berat badan

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar