Kayu Tangkapan Dibikin Kapal Nelayan

Kayu Tangkapan Dibikin Kapal Nelayan
Kayu Tangkapan Dibikin Kapal Nelayan
JAKARTA- Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Fadel Muhammad mengusulkan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono agar jutaan kayu-kayu hasil tangkapan illeggal logging dari seluruh Indonesia digunakan untuk pembuatan kapal nelayan. Saat ini, kayu illegal tersebut biasanya dilelang atau jika tidak ada yang membeli dibiar sampai hancur.

"Sesaat sebelum beliau (SBY, red) berangkat ke Luar Negeri, tepatnya minggu lalu, dihadapan petinggi kepolisian, Jaksa dan pihak terkait lainnya, beliau meminta agar kayu-kayu illegal hasil sitaan digunakan untuk buat kapal nelayan. Aturannya menyusul," kata Fadel saat menjadi pembicara dialog IPB di Agrinex International Expo, Jakarta Convention Center, Jumat (12/3).

      

Usulan ini kata Fadel, bermula dari kondisi miris yang dipelajarinya dari nasib nelayan-nelayan Indonesia. "Saya coba cari tahu, apa masalahnya sehingga nelayan kita kalah saing. Ternyata 98 persen kapal-kapal nelayan kita hanya kapal-kapal kecil yang tidak mampu bersaing," katanya.

      

Menurut Fadel, kebanggaan bangsa tidak terletak ketika pengamanan laut berhasil menangkap kapal-kapal nelayan asing yang mencuri hasil laut Indonesia, namun kebanggaan harusnya terletak ketika nelayan-nelayan lokal mampu maksimal memanfaatkan potensi yang melimpah ruah milik negeri ini.

      

JAKARTA- Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Fadel Muhammad mengusulkan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono agar jutaan kayu-kayu hasil tangkapan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News