Waspadai Cuaca Ekstrim Hingga Pekan Depan

Waspadai Cuaca Ekstrim Hingga Pekan Depan
Waspadai Cuaca Ekstrim Hingga Pekan Depan
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, memprediksi cuaca ekstrem akan terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Dalam peringatan yang dikeluarkan Jumat (12/3) ini, BMKG memmberikan peringatan dini tentang cuaca ekstrim yang akan terjadi hingga 15 Maret 2010.

Sejumlah kawasan di Indonesia diprediksi mengalami cuaca ekstrem seperti hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang. Cuaca ini terjadi karena pengaruh daerah bertekanan rendah di Samudera Hindia sebelah Barat Bengkulu, serta pertemuan angin yang memanjang di sekitar Maluku tengah hingga Papua bagian utara sehingga meningkatkan aktivitas pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia Barat, Maluku serta Papua.

Kondisi tersebut juga disokong oleh suhu permukaan laut di wilayah perairan Indonesia yang hangat dan kelembaban udara yang tinggi. Selain itu, faktor pemanasan berskala lokal yang ditandai dengan suhu udara yang tinggi antara pagi dan siang hari di beberapa wilayah Indonesia, semakin mendukung pertumbuhan awan cumulonimbus yang berpotensi menimbulkan hujan dengan intensitas sedang-lebat yang disertai kilat/ petir dan angin kencang dengan durasi singkat.

Berikut wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang :

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, memprediksi cuaca ekstrem akan terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Dalam peringatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News