KB Bukopin Bakal Salurkan Rp 4,4 Triliun untuk Inisiatif Sosial

KB Bukopin Bakal Salurkan Rp 4,4 Triliun untuk Inisiatif Sosial
PT Bank KB Bukopin Tbk. (BBKP) memperoleh pinjaman luar negeri sebesar USD 300 juta atau sekitar Rp 4,4 triliun dari International Finance Corporation (IFC). Foto dokumentasi KB Bukopin

jpnn.com, JAKARTA - PT Bank KB Bukopin Tbk. (BBKP) memperoleh pinjaman luar negeri sebesar USD 300 juta atau sekitar Rp 4,4 triliun dari International Finance Corporation (IFC).

Dana tersebut akan digunakan perseroan untuk ekspansi bisnis berwawasan sosial dan lingkungan dalam kaitan penanggulangan Covid-19.

"Pembiayaan akan disalurkan kepada debitur yang kurang terlayani secara sosial," kata Direktur Keuangan Bank KB Bukopin Seng Hyup Shin dalam siaran persnya, Kamis (16/6).

Semuanya dilaksanakan untuk berkontribusi dalam pemulihan ekonomi di Indonesia pascapandemi Covid-19. Bank KB Bukopin juga akan menghindari kegiatan pembiayaan yang dapat menimbulkan dampak lingkungan dan risiko sosial.

"Obligasi tersebut akan sepenuhnya didedikasikan untuk mendanai inisiatif sosial yang berfokus pada penanganan dampak sosial ekonomi akibat dari Covid-19, juga  pembiayaan di segmen seperti UMKM, perumahan yang terjangkau, perawatan kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur," tutur Seng Hyup Shin.

Dijelaskan juga, penyaluran pinjaman IFC tersebut akan dilakukan dalam dua dua tahapan yaitu tahap pertama berupa pinjaman senilai USD 240 Juta atau setara dengan Rp 3,53 triliun yang dipinjam oleh KB Kookmin Bank Co., Ltd. (“KBHQ”).

Seluruh pinjaman tersebut akan secara eksklusif dipinjamkan kembali ke Bank KB Bukopin yang akan disalurkan pada pembiayaan untuk pertumbuhan portfolio pinjaman sosial.  

Tahap kedua, yaitu pinjaman langsung kepada Bank KB Bukopin senilai USD 60 juta atau setara dengan Rp 882,78 miliar.

KB Bukopin bakal menyalurkan dana Rp 4,4 triliun untuk inisiatif sosial, salah'satunya UMKM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News