KB Bukopin Menerbitkan Obligasi Sosial, Airlangga Mengapresiasi

KB Bukopin Menerbitkan Obligasi Sosial, Airlangga Mengapresiasi
Perjanjian kerja sama Bank KB Bukopin dengan IFC dalam transaksi pinjaman luar negeri senilai USD 300 juta atau IDR 4,41 trilun dari IFC. Foto: KB Bukopin

jpnn.com - JAKARTA - PT Bank KB Bukopin Tbk menyelenggarakan Event Agreement Signing Ceremony di Ballroom The Langham Jakarta bersama International Finance Corporation (IFC) World Bank.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian acara simbolis perjanjian kerja sama Bank KB Bukopin dengan IFC dalam transaksi pinjaman luar negeri senilai USD 300 juta atau IDR 4,41 trilun dari IFC.

Dalam keterangan resmi KB Bukopin dijelaskan, pinjaman mencakup penerbitan obligasi sosial pertama oleh bank swasta di Indonesia.

“Obligasi Sosial tersebut akan sepenuhnya didedikasikan untuk mendanai inisiatif sosial yang berfokus pada penanganan dampak sosial ekonomi akibat Covid-19 dan pembiayaan di segmen sosial seperti UMKM, perumahan yang terjangkau, perawatan kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur,” demikian keterangan KB Bukopin.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang hadir secara virtual menyatakan menyambut baik penerbitan social bond oleh PT Bank Bukopin Tbk dan IFC.

“Pemerintah mengapresiasi Bank Bukopin selaku inisiator dalam program ini serta dukungan IFC yang turut bergabung sebagai investor,” kata Menko Airlangga.

Dia berharap penerbitan social bond tersebut diharapkan dapat mempercepat pemulihan perekonomian yang mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan dengan misi untuk pengentasan kemiskinan, mengurangi ketidaksetaraan, serta mengatasi perubahan iklim.

Bank KB Bukopin akan melakukan beberapa langkah setelah mendapat fasilitas pinjaman dari IFC.

Penerbitan social bond atau obligasi sosial oleh KB Bukopin ini adalah yang pertama bagi bank swasta di Indoensia. Airlangga Hartarto memberi dukungan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News