KBS Rencanakan Program Bapak Asuh

KBS Rencanakan Program Bapak Asuh
Kebun Binatang Surabaya. Foto:dok.JPNN

jpnn.com, SURABAYA - Ingin meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam upaya pelestarian satwa peliharaan, Kebun Binatang Surabaya (KBS) akan membuka program bapak asuh. Masyarakat yang mau mengikuti akan dikenai sejumlah biaya berdasar paket yang telah disediakan. 

Mulai perunggu, perak, sampai emas. Masing-masing memiliki daftar hewan apa saja yang bisa diadopsi. Secara periodik, bapak asuh itu akan mendapatkan informasi mengenai tumbuh kembang hewan yang menjadi anak asuhnya. Jadi, mereka bisa memantau keadaan satwa tersebut. "Mungkin ke depannya, si bapak asuh ini bisa menamai hewan yang menjadi asuhannya tadi," kata Direktur Utama KBS Chairul Anwar Melalui gagasan itu, Chairul ingin publik mengetahui tumbuh kembang para hewan. Program dibuka untuk umum. Lembaga, yayasan, maupun perseorangan bisa ikut. "Tapi, tidak dibawa pulang lho ya meskipun julukannya diadopsi," kata Chairul, lantas tertawa.

Masyarakat diharapkan tidak akan mudah terpancing dengan kabar kondisi buruk satwa KBS. Sebab, mereka tahu bagaimana satwa itu diperlakukan. "Setiap kali ke sini, akan ada keterikatan tersendiri antara satwa yang diadopsi dan bapak asuhnya," jawab Chairul.

Jumlah dana yang dikenakan untuk setiap paketannya belum ditetapkan. Program tersebut masih mengantre bersama dengan proyek-proyek kesejahteraan lainnya. "Mungkin tidak sekarang, tapi doakan saja segera direalisasikan," harap Chairul. (bin/c25/ayi) 

Mungkin ke depannya, si bapak asuh ini bisa menamai hewan yang menjadi asuhannya tadi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News