Ke Belanda, Kunjungi Floriade 2012, Pameran Bunga Terbesar di Dunia

Jepang Andalkan Sakura, Indonesia Targetkan Juara

Ke Belanda, Kunjungi Floriade 2012, Pameran Bunga Terbesar di Dunia
Hamparan tanaman bunga menjadi daya tarik Floriade 2012 di Belanda. Foto : Suprianto/Jawa Pos
Festival bunga dan hortikultura Floriade kembali digelar di Belanda. Kali ini diikuti 23 negara, termasuk Indonesia. Wartawan Jawa Pos SUPRIANTO bersama sejumlah pimpinan media di Jawa Pos Group yang sedang melawat ke Eropa mengunjungi event sepuluh tahun sekali itu.

= = = = = =

HAMPARAN bunga cantik berwarna-warni menghiasi pintu masuk festival di lahan seluas 66 hektare. Ornamen khas Negeri Kincir Angin, sebutan Belanda, terlihat di sudut-sudut lokasi. Puluhan bendera negara peserta di ujung tiang berkibar diembuskan angin sejuk yang cenderung dingin.

   

Ribuan orang dengan tertib memasuki arena festival. Bukan hanya orang tua, banyak juga anak muda dan anak-anak yang antre. Itulah pemandangan sebelum masuk ke lokasi Floriade 2012 World Horticultural Expo yang digelar di Venlo, kota di sebelah tenggara Belanda yang berbatasan dengan Jerman.

   

Sejak event itu dibuka pada 4 April lalu dan akan berakhir pada Oktober mendatang, pengunjung dimanjakan dengan pemandangan layaknya teater alam. "Orang yang datang ke sini biasanya bukan karena negaranya ikut serta saja, tapi event ini termasuk langka, sepuluh tahun sekali. Orang pasti berpikir belum tentu pada 2022 punya kesempatan untuk melihat Floriade," ujar Diena, salah seorang committe staff Floriade 2012.

Festival bunga dan hortikultura Floriade kembali digelar di Belanda. Kali ini diikuti 23 negara, termasuk Indonesia. Wartawan Jawa Pos SUPRIANTO

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News