Ke Ground Zero Pascatewasnya Osama bin Laden

Rampung Tahun Ini, Kolam Kembar Pengingat Gedung Kembar

Ke Ground Zero Pascatewasnya Osama bin Laden
JELANG 10 TAHUN: Pengunjung 9/11 Memorial Preview Site melihat maket pembangunan kompleks baru WTC. Foto: REDHI SETIADI for Jawa Pos
Ground Zero, lokasi bekas berdirinya dua menara kembar WTC di New York, identik dengan Osama bin Laden. Sebab, dia dianggap dalang di balik hancurnya gedung prestisius itu pada 11 September 2001. Kini, di tempat itu dikebut pembangunan beberapa proyek prestisius. Tahun ini, tepat 10 tahun tragedi itu, ada yang dijadwalkan rampung.

-------------------------- ----------

REDHI SETIADI, New York

---------------------------- -------

Jumat siang lalu waktu setempat (13/5), suasana di sekitar Ground Zero, New York, tetap ramai dipadati pengunjung. Namun kali ini, ribuan orang yang datang dari berbagai penjuru dunia itu tak bisa leluasa melihat bekas lokasi dua menara kembar WTC yang dirobohkan teroris pada serangan 11 September 2001 (9/11).

Di lokasi seluas kurang lebih 16 acre (6,5 hektare) tersebut, saat ini dibangun delapan bangunan baru yang akan dibagi menjadi dua blok. Blok pertama adalah museum dan memorial yang dibangun khusus untuk mengenang 2.981 korban serangan teroris 9/11. Penanda atas peristiwa tersebut berupa dua kolam besar yang diberi nama Memorial Pool.

Ground Zero, lokasi bekas berdirinya dua menara kembar WTC di New York, identik dengan Osama bin Laden. Sebab, dia dianggap dalang di balik hancurnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News