Kebakaran Besar di Makassar, 110 Rumah Hangus, Penyebabnya karena Ini

Kebakaran Besar di Makassar, 110 Rumah Hangus, Penyebabnya karena Ini
Petugas pemadam kebakaran melakukan proses pendinginan usai kebakaran hebat yang menghanguskan 110 unit rumah di Jalan Muhammad Tahir, Kelurahan Jongaya, Kecamatan Tamalate, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (11/8/2021). Foto: ANTARA/Darwin Fatir

jpnn.com, MAKASSAR - Sebanyak 110 rumah warga di kawasan permukiman padat penduduk, Kampung Lepping, Lorong 1, 2, 3, Jalan Muhammad Tahir, Kelurahan Jongaya, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, hangus terbakar, Rabu.

Sumber api diduga dari salah satu rumah warga yang sedang memasak lalu ditinggal hingga kompor meledak akibat kebocoran gas.

"Data sementara yang masuk sebanyak 110 unit rumah semipermanen terbakar. Terdapat 397 jiwa dan 87 kepala keluarga," kata Pelaksana Harian (Plh) Lurah Jongaya Zulkifli, di lokasi kejadian, Rabu.

Pihaknya masih melakukan pendataan jumlah warga terdampak kebakaran ini, dan telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Makassar, dalam hal ini Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

"Sudah dilaporkan ke Pak Wali Kota. Kami saat ini sedang berkoordinasi dengan Dinsos serta BPBD untuk mendirikan dapur umum. Lokasi sementara kami masih cari mana yang mudah diakses," katanya.

Zulkifli belum mengetahui pasti penyebab kebakaran, karena sedang diselidiki aparat kepolisian.

Salah satu korban kebakaran, Farida menuturkan kejadian sekitar pukul 10.05 WITA.

Ia hanya mampu menyelamatkan diri dan kedua anak serta ibunya saat kejadian. Seluruh barang miliknya hangus terbakar. Korban berharap segera dibantu pemerintah kota.

Luas lokasi kebakaran 700x200 meter persegi dengan rata-rata rumah petak semipermanen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News