Kebakaran di Gunung Merbabu Mengganas, Waspada

Kebakaran di Gunung Merbabu Mengganas, Waspada
Kebakaran hutan Gunung Merbabu sudah menjalar hingga puncak. Foto: ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO

jpnn.com, MAGELANG - Kebakaran yang terjadi di kawasan hutan Gunung Merbabu mengganas. Kobaran api sudah menjalar ke berbagai titik. Bahkan, sudah sampai di kawasan puncak.

Titik api yang awalnya berasal dari sisi barat kini sangat jelas terlihat dari wilayah timur. Hingga Jumat (13/9), luasan area yang terbakar mencapai sekitar 150 hektare.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) Junita Parjanti mengatakan, kebakaran hutan Gunung Merbabu cukup dahsyat. Semula, luasan lahan yang terbakar hanya sekitar 10 hektare di wilayah Desa Denokan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Hingga saat ini luasan yang terbakar semakin meluas ke arah puncak, yang sebagian masuk wilayah Boyolali. ”Sampai tadi malam luasan yang terbakar mencapai 100 hektare hingga 150 hektare,” ungkap Junita.

Berbagai upaya pemadaman terus dilakukan BTNGMb bersama BPBD Magelang, Boyolali, dan Semarang. ”Tadi pagi relawan dan masyarakat naik dari Ampel untuk pemadaman sampai sore hari,” kata Junita. (rs/wid/per/JPR)

Semula luas lahan yang terbakar di Gunung Merbabu hanya sekitar 10 hektare di wilayah Desa Denokan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, tapi kini sudah masuk sebagian wilayah Boyolali.


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News