Kebakaran Gunung Merbabu Berhasil Dipadamkan

Kebakaran Gunung Merbabu Berhasil Dipadamkan
radar kedu

jpnn.com - JAKARTA- Kebakaran hutan dan lahan di lereng Gunung Merbabu, Jawa Tengah akhirnya berhasil dipadamkan, Sabtu (22/8) sekitar pukul 17:00 WIB. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, sekitar 330 personel tim gabungan berhasil memadamkan api.

"Peralatan yang digunakan terbatas karena lokasi kebakaran di lereng-lereng gunung yang curam, tidak ada air dan kondisi cuaca kering. Total luas wilayah yang terbakar sekitar 90 hektar, dimana 40 hektar di Kab. Magelang dan 50 hektar di Kab. Boyolali," jelas Sutopo.

Dia menambahkan, sekitar 200 personel dari BPBD Kabupaten Magelang, TNI, Polri, TNGM, relawan dan masyarakat diberangkatkan Sabtu pagi. Mereka  dibagi dalam 4 kloter relawan. Sebanyak 3 kloter melalui posko Suwanting dan 1 kloter melalui Sobleman, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

"Daerah-daerah yang berhasil dipadamkan adalah 1). Desa Genikan, Kec. Ngablak; 2) Jalur pendakian Wulunggunung; 3) Dusun Denokan, Desa Wonolelo, Kec. Sawangan; 4) Lembah Manding; 5)  Puncak Suwanting, Desa Banyuroto, Kec. Sawangan; 6) Sabana 1, 2 dan 3; dan 7) sumber mata air Dampo Awang," urai Sutopo.

Dia menambahkan, tim gabungan telah memastikan tidak ada sisa-sisa bara api yang bisa menyebabkan kebakaran terjadi kembali. Dua pos dapur umum BPBD Magelang di Dusun Suwanting dan Balai Desa Wonolelo juga telah ditutup. (rm)

 


JAKARTA- Kebakaran hutan dan lahan di lereng Gunung Merbabu, Jawa Tengah akhirnya berhasil dipadamkan, Sabtu (22/8) sekitar pukul 17:00 WIB. Kepala


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News