Kebakaran Hutan Ancam Spesies Laba-Laba Purba Australia

Kebakaran Hutan Ancam Spesies Laba-Laba Purba Australia
Laba-laba pelikan Australia terancam punah akibat kebarakan hutan yang melanda negeri tersebut. Foto: Michael Rix/ABC

jpnn.com, SYDNEY - Spesies laba-laba purba dikhawatirkan punah akibat kebakaran hutan di Australia. Zephyrarchaea austini, spesies laba-laba pembunuh itu hanya ditemukan di Pulau Kanguru yang terletak di lepas pantai Australia Selatan.

Menurut pakar terkemuka Michael Rix dari Museum Queensland, habitat laba-laba tersebut kini telah hancur oleh kebakaran hutan yang menghanguskan lebih dari sepertiga pulau tersebut.

"Spesies itu hanya diketahui berasal dari sebelah barat laut pulau itu," katanya, menurut laporan Australian Broadcasting Corporation pada Sabtu (18/1).

"Sejauh yang kami ketahui, kawasan tersebut terkena dampak yang signifikan. Kami sangat khawatir laba-laba itu mungkin akan sangat terdampak jika berhasil selamat dari kebakaran," ucap dia.

Laba-laba pembunuh, yang juga dikenal sebagai laba-laba pelikan, hanya memiliki tinggi 2 milimeter dan berasal dari periode Jura sekitar 140 juta tahun silam.

Rix mengatakan sementara beberapa laba-laba dapat menggali lubang persembunyian untuk menghindari ancaman kebakaran, laba-laba pembunuh hidup di dasar hutan.

"Mereka benar-benar hanya ditemukan di hutan hujan dan habitat kompleks yang basah," katanya.

"Setahu kami, satu-satunya cara agar mereka dapat bertahan melawan kebakaran adalah jika ada beberapa bidang habitat yang tidak tersentuh api. Kekhawatiran terbesar kami terhadap kebakaran Pulau Kanguru adalah bahwa bencana itu sangat merusak dan begitu panas," tambah Rix

Spesies laba-laba purba dikhawatirkan punah akibat kebakaran hutan di Australia. Zephyrarchaea austini, spesies laba-laba pembunuh itu hanya ditemukan di Pulau Kanguru

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News