Kebakaran Hutan Hawaii Tewaskan 53 Orang, Bagaimana Kondisi WNI di Sana?

Kebakaran Hutan Hawaii Tewaskan 53 Orang, Bagaimana Kondisi WNI di Sana?
Kebakaran hutan yang terjadi pada 9 Agustus 2023 menghanguskan Kota Lahaina di Pulau Maui, Hawaii, Amerika Serikat. Foto: Patrick T. Fallon / AFP

jpnn.com, JAKARTA - Korban meninggal akibat kebakaran hutan di Hawaii bertambah menjadi 53 orang sementara upaya pencarian dan penyelamatan masih berlanjut terhadap mereka yang hilang.

Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri Indonesia Judha Nugraha menyampaikan bahwa hingga kini tidak ada laporan mengenai warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban dalam kebakaran di Kota Lahaina, Hawaii, Amerika Serikat.

"Hingga saat ini tidak terdapat informasi adanya WNI yang menjadi korban (kebakaran Hawaii)," kata Judha melalui pesan singkat yang diterima di Jakarta, Jumat.

Judha mengatakan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Los Angeles telah berkoordinasi dengan otoritas setempat dan kelompok masyarakat Indonesia di Hawaii terkait peristiwa tersebut.

"KJRI terus memonitor situasi di sana dan kami juga memberikan imbauan kepada para WNI," ujarnya.

Kebakaran hutan terjadi di Kota Laihana di bagian barat pulau Maui di Hawaii, AS. Api kemudian membesar akibat Huricane Dora (badai kategori 4).

Terdapat sekitar 600 WNI yang menetap di Hawaii, dan kebanyakan dari mereka bekerja di sektor pariwisata dan menjadi anak buah kapal (ABK), kata Judha.

Kantor Berita Xinhua sebelumnya melaporkan bahwa sejumlah kebakaran hutan menghanguskan ratusan hektar lahan di Pulau Hawaii, yang juga dikenal sebagai Pulau Besar, dan Pulau Maui.

KJRI Los Angeles telah berkoordinasi dengan otoritas setempat dan kelompok masyarakat Indonesia di Hawaii terkait peristiwa tersebut.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News