Senin, 27 Mei 2019 – 20:21 WIB

Kebakaran Lahan Gambut di Aceh Barat Makin Meluas

Rabu, 09 Januari 2019 – 19:39 WIB
Kebakaran Lahan Gambut di Aceh Barat Makin Meluas - JPNN.COM

jpnn.com, MEULABOH - Kebakaran lahan dan hutan gambut (Karhutla) di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, masih terjadi. Bahkan, sebaran titik api makin meluas.

Sejumlah masyarakat yang berdomisili sekitar area lahan gambut mulai merasa cemas, khawatir sewaktu-waktu api dapat melebar ke area permukiman dan tanaman kebun mereka.

“Informasi ada kebakaran lahan gambut lagi, membikin cemas warga saya lagi,” kata Kepala Desa Suak Raya, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Zainuddin (52), Selasa (8/1).

Beberapa Kepala Keluarga (KK) yang berdomisili di atas lahan gambut, sempat menghubungi Zainuddin, demi memastikan kabar apakah informasi kejadian kebakaran lahan gambut di Kabupaten Aceh Barat, apakah dapat berpotensi meluas ke arean hutan gambut mereka.

Zainuddin menjawab belum pasti, karena lokasi info lahan gambut terbakar di luar area Desa Suak Raya. Namun dia memastikan warga tidak melakukan pembakaran sedikitpun di area gambut, meskipun hanya membuang puntung rokok, karena sangat rawan memecik bara api yang berpotensi membakar luas lahan gambut.

”Tadi malam Senin (7/1) untung saja ada turun hujan sedikit. Tapi memang kondisi lahan gambut sangat kering lantaran cuaca kemarau. Jadi sangat mudah terbakar,” katanya.

Tapi Zainuddin memastikan, jika ada kejadian terbakar lahan gambut di kawasan Desa Suak Raya, dipastikan bukan perbuatan warga setempat, lantaran telah jauh hari, ia telah mewanti-wanti keras larangan berbagai jenis pembakaran apapun di lokasi lahan gambut.

“Meskipun buka lahan kebun, sangat dilarang warga saya untuk membakar,” jawabnya.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar