Kebanjiran, Pakistan Tuding India Sengaja Bikin Sungai Meluap

Kebanjiran, Pakistan Tuding India Sengaja Bikin Sungai Meluap
Sawah terendam banjir. Foto: JPG/Pojokpitu

jpnn.com, ISLAMABAD - India dituding sengaja melepaskan air dari bendungan ke Sungai Sutlej dengan tujuan membanjiri wilayah Pakistan. Manuver tersebut merupakan pelanggaran perjanjian antara kedua negara dan berpotensi menambah panas hubungan keduanya.

"India menggunakan posisinya di hulu untuk mengobarkan perang generasi kelima di negara itu," ujar Kepala Otoritas Pengembangan Air dan Tenaga Pakistan (WAPDA), Muzammil Hussain.

Sementara itu, Kementerian Sumber Daya Air India membenarkan bahwa harus ada pemberitahuan terlebih dahulu sebelum pelepasan air dari waduk yang berpotensi menimbulkan banjir. Hal itu sesuai dengan perjanjian kedua negara.

BACA JUGA: Tentara India dan Pakistan Baku Tembak di Kashmir, Korban Berjatuhan

Namun dari pengamatan India sepanjang Senin (19/8), tidak ada pelepasan air yang luar biasa. Justru pada pukul 7 malam waktu setempat, ketika Sungai Sutlej mencapai tingkat ambang banjir tinggi, otoritas India telah memberikan informasi pada Pakistan sebagai komitmen perjanjian kedua negara.

Saat ini, otoritas darurat Pakistan sedang bersiap menghadapi kemungkinan banjir kecil di beberapa daerah di negara bagian Punjab yang menurut India dikarenakan kenaikan aliran air sungai. (rmol/jpnn)


India dituding sengaja melepaskan air dalam volume besar ke Sungai Sutlej dengan tujuan membanjiri wilayah Pakistan


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News