Keberagaman Membuat Masyarakat Papua Makin Erat

Keberagaman Membuat Masyarakat Papua Makin Erat
Tangkapan layar webinar internasional bertajuk Tolerance in Indonesia (Papua) and Morocca: Experience perspective. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Dunia saat ini, di timur dan barat bumi – Maroko hingga Merauke- perlu menyebarkan budaya dan etika toleransi di semua tingkatan, sehingga menjadi budaya umum, karena itu akan membawa pada perdamaian dan kerukunan serta pertukaran kepentingan dan kemakmuran.

Maroko dan Indonesia memiliki kesamaan, mempunyai perilaku masyarakat yang menjunjung tinggi toleransi umat beragama serta menonjolkan sikap keramahtamahan pada antar agama.  Maroko juga memiliki kerjasama dengan Indonesia sesuai spirit mempererat hubungan antar negara yang menginginkan adanya perdamaian di dunia.

Papua dan Maroko memiliki kesamaan hidup penuh kedamaian dan toleransi serta memiliki tradisi dalam menyelesaikan konflik dengan kearifan lokal.

Dalam Webiner yang diselenggarkan INC TV terungkap bahwa tidak benar anggapan Papua hanya dipenuhi konflik, kekerasan, dan keterbelakangan. Padahal, Papua adalah tempat yang sangat damai dan harmonis.  

Jikalau saja kita mengenal orang Papua dengan lebih dekat, maka akan didapatkan kehangatan sebuah persaudaraan yang tanpa pamrih dan apa adanya. Mereka memperlakukan orang lain sebagai keluarga sehingga menjaga harkat, martabat dan kehormatan diri sendiri sama dengan yang dilakukannya untuk orang lain.

“Kenyataan bahwa toleransi yang berkembang di Papua terjadi sampai detik ini menjadi alasan kenapa kami selenggarakan acara ini," jelas panita penyelenggara dari INC TV, M Taufan.

Agamawan asal Papua, Idrus Al Hamid mengatakan bahwa perjumpaan agama-agama di Papua selama ini telah melahirkan harmoni dan kebersamaan serta toleransi yang cukup baik. 

Dengan memahami adanya masyarakat Papua yang memiliki topografi yang berbeda-beda, yaitu masyarakat pesisir, rawa, leren gunung dan pegunungan, penulis buku jalan panjang Perdamaian Papua ini optimis dengan kearifan lokal masing-masing, dan masyarakat Papua mampu membangun kehidupan yang penuh toleran.

Dalam Webiner yang diselenggarkan INC TV terungkap bahwa tidak benar anggapan Papua hanya dipenuhi konflik, kekerasan, dan keterbelakangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News