Kebijakan Erick Thohir Terkait Ekonomi Syariah Cerminkan Islam Wasathiyah

Kebijakan Erick Thohir Terkait Ekonomi Syariah Cerminkan Islam Wasathiyah
Ketua Dewan Nasional Konvensi Rakyat Partai Perindo Tuan Guru Bajang (TGB) H. Zainul Majdi. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dinilai telah mengeluarkan beberapa kebijakan ekonomi syariah yang mencerminkan spirit Islam Wasathiyah.

Penilaian itu diungkapkan Ketua Organisasi Alumni Al-Azhar Internasional (OIAA) Cabang Indonesia Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi pada acara Pembukaan Multaqa ke-7 Alumni Al-Azhar Mesir Indonesia seperti dikutip dari kanal video Youtube NWDI Online, Jumat (26/3/2022).

Menurut TGB, salah satu kebijakan Erick adalah menggabungkan bank-bank syariah milik BUMN menjadi satu entitas untuk menciptakan ekosistem ekonomi dan keuangan syariah nasional.

“Kebijakan yang diambil, khusus terkait BUMN dan aktivitasnya di Republik ini, mudah-mudahan mencerminkan nilai-nilai dalam wasathiyyatun-Islam. Jadi, tidak hanya pengelolaannay tetapi juga bermaslahat untuk bangsa,” ujar TGB.

TGB menambahkan Erick Thohir berkomitmen memperkenalkan kemudian memperkuat ekonomi Islam melalui ekosistem perbankan. Salah satunya melalui Bank Syariah Indonesia (BSI).

“Beliau (Erick) juga memimpin lembaga yang berperan penting dalam pengokohan ekosistem itu yang namanya masyarakat ekonomi syariah,” kata dia.

Eks Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) ini mengatakan ekonomi syariah pun sangat penting di Indonesia. Sebab, Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia dengan kemajuan ekonomi syariahnya akan turut mendorong ekonomi secara nasional.

Selain itu, TGB menjelaskan mengenai Islam wasathiyah dalam konteks ekonomi harus menghadirkan keadilan, keseimbangan dan kemaslahatan umat.

TGB Muhammad Zainul Majdi menilai Menteri BUMN Erick Thohir telah mengeluarkan beberapa kebijakan ekonomi syariah yang mencerminkan spirit Islam Wasathiyah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News