Kebun PKH Lansia Sukses Wujudkan Ketahanan Pangan saat Pandemi Covid-19

Kebun PKH Lansia Sukses Wujudkan Ketahanan Pangan saat Pandemi Covid-19
KPM PKH lanjut usia di Desa Gondangrawe, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali memastikan kebutuhan pangan dan gizi terpenuhi dari hasil panen di Kebun PKH Lansia. Foto: Kemensos

jpnn.com, BOYOLALI - Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) lanjut usia (Lansia) di Desa Gondangrawe, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali memastikan kebutuhan pangan dan gizi terpenuhi dari hasil panen di Kebun PKH Lansia selama pandemi.

Kebun PKH Lansia memasuki masa panen dengan hasil 50 kilogram kacang panjang, 100 ikat kangkung, 3 kilogram terong hijau, 4 kg terong ungu, serta 8 kilogram bawang merah.

Hasil panen kebun masih ditujukan untuk memenuhi kebutuhan dari para KPM, khususnya KPM lansia yang mengelola mandiri kebun tersebut.

“Niat awal kebun lansia untuk ketahanan pangan dan dikonsumsi KPM PKH, terutama lansia dan belum untuk dijual,” ujar Pendamping PKH Boyolali, Danik Haryanti Ningrum Sapitri, melalui sambungan telepon, beberapa waktu lalu.

Kebun PKH Lansia berada di atas lahan 1.500 meter persegi merupakan tanah milik Pemerintah Desa Gondangrawe yang dihibahkan kepada KPM PKH Lansia untuk ditanami berbagai macam tanaman, khususnya sayuran.

"Kebun Lansia berada di tanah milik desa, daripada nganggur dan ditumbuhi semak-semak lebih baik untuk PKH, " ujar Lurah Gondangrawe, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali, Paeran.

Tanah tersebut, kata Paeran, bukan dihibahkan secara mutlak, melainkan sebagai hak pakai saja dan akan dikembalikan kepada pemerintah desa saat dibutuhkan.

"Dipinjamkan dan hak pakai saja, tanahnya tetap milik pemerintah desa. Kalau sewaktu-waktu digunakan tentu harus dikembalikan seperti sedia kala," katanya.

KPM PKH lanjut usia di Desa Gondangrawe, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali memastikan kebutuhan pangan dan gizi terpenuhi dari hasil panen di Kebun PKH Lansia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News