Kecelakaan Turun Selama Masa Mudik Jadi Catatan Positif

Kecelakaan Turun Selama Masa Mudik Jadi Catatan Positif
Kecelakaan Turun Selama Masa Mudik Jadi Catatan Positif

jpnn.com - JAKARTA - Operasi ketupat untuk mengamankan Lebaran 2014 resmi diakhiri Rabu (6/8) lalu pukul 24.00. Bagi Mabes Polri, operasi tahun ini menghasilkan catatan positif karena tujuan utama operasi, yakni menurunkan angka kecelakaan di jalur mudik bisa terealisasi. Meskipun, di sisi lain problem kemacetan yang selalu terjadi setiap kali masa mudik belum bisa dituntaskan.

Data statistik Polri menunjukkan, selama 16 hari masa mudik terjadi sedikitnya 3.057 kecelakaan atau 191 kejadian per hari. Dari jumlah tersebut, 2.142 kejadian di antaranya terjadi di jalur utama mudik di Jawa dan Sumatera.

"Alhamdulillah, secara total, angka kecelakaan operasi ketupat tahun ini turun 17 persen dibandingkan tahun lalu," terang Wakakorlantas Brigjen Sam Budigusdian kemarin.

Penurunan angka kecelakaan itu juga berdampak terhadap turunnya jumlah korban. Korban meninggal selama operasi tahun ini mencapai 650 orang atau turun 18 persen, luka berat 1.045 orang atau turun 20 persen, dan korban luka ringan berjumlah 4.030 orang, turun 16 persen dibandingkan tahun lalu.

Meski mencatat penurunan angka kecelakaan, Sam tidak menampik jika tahun ini kemacetan di jalur-jalur mudik terbilang parah. Terutama, pasca amblesnya dua jembatan, yakni Comal di Pemalang (Pantura) dan Cibaruyan di Ciamis (jalur selatan). Pihaknya telah mengerahkan banyak personel untuk melakukan rekayasa arus lalu lintas maupun memandu pemudik menuju jalur alternatif.

"Kami juga menggunakan drone (helikopter mini berkamera) di 21 titik, dan itu terbukti sangat membantu dibandingkan dengan tidak menggunakan drone," tuturnya.

Drone membuat pimpinan operasi di daerah bisa cepat mengambil langkah untuk mengurai kemacetan karena laporannya lebih cepat dari cara manual.

Selain itu, dia mengingatkan jika kemacetan selalu berbanding terbalik dengan angka kecelakaan. Jika terjadi kemacetan parah, maka di wilayah tersebut angka kecelakaan akan menurun. Di wilayah yang lalu lintasnya lancar, kecelakaan justru sering terjadi karena kondisi lancar memicu pengendara untuk ngebut.

JAKARTA - Operasi ketupat untuk mengamankan Lebaran 2014 resmi diakhiri Rabu (6/8) lalu pukul 24.00. Bagi Mabes Polri, operasi tahun ini menghasilkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News