JPNN.com

Kedubes Kuba Peringati Ulang Tahun ke-60 Kunjungan Che Guevara ke Indonesia

Jumat, 27 September 2019 – 03:37 WIB Kedubes Kuba Peringati Ulang Tahun ke-60 Kunjungan Che Guevara ke Indonesia - JPNN.com
Che Guevara. Foto: Public Domain

jpnn.com, JAKARTA - Kedutaan Besar Kuba di Jakarta memperingati 60 tahun kunjungan tokoh revolusi Ernesto ‘Che’ Guevara ke Indonesia. Mereka menggelar konser resital piano seorang musisi asal negara di Karibia utara itu.

Duta Besar Kuba untuk Indonesia, Nirsia Castro Guevara, mengatakan usai acara yang digelar di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Kamis (26/9) malam, kunjungan tersebut sangat penting untuk diperingati karena merupakan momen simbolik dalam hubungan Indonesia dan Kuba.

Terlebih karena pada kunjungan pada tahun 1959 itu, Che Guevara dan rombongannya disambut langsung oleh Presiden Soekarno. Pertemuan itu menjadi langkah pertama dari perkembangan hubungan diplomatik kedua negara.

“Hubungan Che Guevara dan Presiden Soekarno sangat kuat. Dokumentasi foto-foto yang ada menunjukkan mereka bercakap-cakap dengan hangat dan penuh simpati,” katanya.

Bagi Nirsia, kehangatan dan kesan baik yang tercipta dari pertemuan itu harus dijaga agar tetap hidup dalam hubungan antar masyarakat kedua negara.

Pada Juni 1959, delegasi Kuba yang dipimpin oleh Ernesto ‘Che’ Guevara mengunjungi Indonesia dan bertemu Presiden Soekarno. Selain itu, Che juga sempat mengunjungi Taman Makam Pahlawan Kalibata untuk memberikan penghormatan bagi para pejuang yang gugur dalam upaya meraih kemerdekaan.

Dalam kunjungan ke Yogyakarta, dia sempat memberikan presentasi kebudayaan di Teater Nasional Yogya dan mengunjungi Candi Borobudur.

Dalam wawancara dengan majalan Verde Olivo pada tahun 1959, pria kelahiran Argentina itu menyampaikan kekagumannya terhadap Indonesia yang mampu mempertahankan ragam budaya yang dimiliki, meski begitu lama berada di bawah penjajahan.

Sumber Antara

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...