Kegiatan Outbound Ajang Asah Semangat Bersaing Secara Spotif

Kegiatan Outbound Ajang Asah Semangat Bersaing Secara Spotif
Peserta sosialisasi Empat Pilar MPR dengan metode Outbound yang berlangsung di Palembang, Sumatera Selatan, 15-17 September 2016. Foto: Humas MPR

jpnn.com, PALEMBANG - Para peserta sosialisasi Empat Pilar MPR dengan metode Outbound diuji untuk mengimplementasikan ilmu yang mereka dapatkan di kelas melalui berbagai permainan (outbound). Sebelumnya, para peserta ini dibekali materi sosialisasi dan pendalamannya selama dua hari, 15-16 September 2016.

“Melalui berbagai permainan kita asah semangat mereka untuk bersaing dan menang, tapi tetap sportif,” ujar anggota Fraksi PKS di MPR, H. Almuzammil Yusuf ketika ditemui di arena kegiatan Sosialisasi Empat metode outbound di Kota Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (17/9).

Para peserta terbagi dalam lima kelompok saat outbound yang berlangsung di lapangan Kampus Universitas Ida Bajumi (IBA) di Jalan Mayor Ruslan Kota Palembang. Peserta dari lima kelompok ini “bertarung” untuk menjadi yang terbaik.

Kelima kelompok itu adalah Nasionalis, Patriot, Demokrasi, Reformasi, dan Kesatuan. Kegiatan ini dinilai oleh dewan juri terdiri dari H. Almuzammil Yusuf, Instiawati Ayus (anggota MPR Kelompok DPD), dan Tugiyana (Kepala Biro Persidangan dan Sosialisasi Setjen MPR) serta disaksikan oleh Kepala Biro Administrasi dan Pengawasan Suryani.

Ada lima macam permaian yang mengandung unsur Empat Pilar harus diikuti oleh para peserta, yaitu Kibarkan Bendera, Chocolater River, Pipa Bocor, Enggrang, dan Api Semangat. Setelah menyaksikan beberapa permainan, Almuzammil Yusuf menilai, semua permainan yang diikuti para peserta ini mengandung unsur lima sila yang ada di dalam Pancasila.

Dia berharap mahasiswa sebagai calon pemimpin dapat diasah kemampuannua melalui permainan sehingga memiliki semangat bersaing ketat dan menang, tapi tetap menjunjung sportifitas.

“Kalau sudah sportif maka mereka akan bertanggung jawab atas segala tindak tanduk mereka,” ungkap Instiawati Ayus yang juga berperan sebagai anggota dewan juri Sosialisasi dengan metode Outbound ini.

Maka, untuk setiap games yang dimainkan, mereka bangun komunikasi dan koordinasi dengan target untuk mendapatkan yang terbaik. Kalau dalam permainan target itu adalah menang.

Para peserta sosialisasi Empat Pilar MPR dengan metode Outbound diuji untuk mengimplementasikan ilmu yang mereka dapatkan di kelas melalui berbagai permainan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News