Kegiatan Seismik PT RBB Rusak Puluhan Rumah di Jorong

Kegiatan Seismik PT RBB Rusak Puluhan Rumah di Jorong
Ilustrasi. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - jpnn.com - Kegiatan seismik (pencarian potensi) minyak dan gas PT GSI, yang merupakan sub kontraktor PT Rizki Bukik Barisan (RBB) sudah cukup meresahkan warga di Jorong Sawahtarok, Nagari Padanglaweh Selatan, Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung, Sumbar.

Mereka mengaku akibat kegiatan tersebut rumah yang berada di Jorong Tangah, Nagari Muaro, Kecamatan Sijunjung mengalami rusak berat.

Pantauan Padang Ekspres (Jawa Pos Group), Sabtu (4/2), puluhan warga Jorong Tangah, Nagari Muaro, heboh akibat rumah mereka bertambah rusak setelah aktivitas pendataan seismik oleh PT GSI pada Selasa (1/2). Warga berharap dampak kerusakan rumah mereka segera diperbaiki pihak perusahaan.

Nurita, 53, warga Jorong Tangah menyebutkan, ia dan keluarganya sangat mengkhawatirkan kondisi rumahnya yang bertambah retak.

”Kami takut rumah kami roboh dan menimbun kami sekeluarga. Setiap hari kerusakannya bertambah parah. Apalagi rumah kami berlantai dua,” ungkapnya kepada wartawan saat mengambil foto kemarin (4/2).

Nurita mengatakan, saat melakukan aktivitas Seismik tersebut, tidak satu pun pihak, terutama pihak perusahaan yang memberitahu warga akan adanya getaran kuat yang berpotensi membuat kerusakan pada bangunan rumah mereka.

”Kami tidak diberitahu, yang kami rasakan, getaran kuat saat aktivitas pendataan seismik tersebut. Lalu, kami menyaksikan dinding rumah, dapur dan lantai yang bergerak dan retak di mana-mana,” jelas Nurita.

Ref, 30, anak Nurita menambahkan, saat getaran kuat tersebut, dirinya beranggapan tengah terjadi gempa. Bahkan dirinya sempat berlari keluar rumah saat getaran kuat yang dihasilkan mobil pengumpul data Seismik tersebut. ”Saya dari lantai dua langsung turun, karena saya pikir tengah terjadi gempa,” sebutnya.

 Kegiatan seismik (pencarian potensi) minyak dan gas PT GSI, yang merupakan sub kontraktor PT Rizki Bukik Barisan (RBB) sudah cukup meresahkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News