Kehadiran Kantor DPD RI di Setiap Provinsi Untuk Membangun Konektivitas Pusat dan Daerah

Kehadiran Kantor DPD RI di Setiap Provinsi Untuk Membangun Konektivitas Pusat dan Daerah
Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti pada saat sambutan pada kegiatan Kunker Pimpinan DPD RI dan Anggota PURT DPD RI ke Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat, 1 November 2019. Foto: Humas DPD RI

jpnn.com, SURABAYA - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI La Nyalla Mahmud Mattalitti berharap dapat membangun Kantor DPD RI di semua provinsi sehingga konektivitas antara pusat dan daerah dapat terwujud.

Menurutnya, kehadiran kantor DPD RI di semua ibu kota provinsi dapat mewujudkan komitmen DPD RI untuk lebih dekat dan hadir bersama-sama masyarakat daerah dalam memperjuangkan kepentingan serta aspirasi daerah.

Hal tersebut terungkap saat melakukan kunjungan kerja Pimpinan DPD RI dan Anggota PURT DPD RI ke Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat, 1 November 2019.

"Bila mengacu kepada amanat UU MD3, kantor daerah DPD RI harus diwujudkan dengan maksud untuk memudahkan penyerapan aspirasi daerah oleh anggota DPD RI dalam mengembangkan artikulasi politik daerah bekerja bersama-sama dengan Pemerintah Daerah untuk membangun daerah," ucap La Nyalla,

Menurut La Nyalla, keberadaan kantor DPD RI di daerah akan dapat membangun kesepahaman antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

"Melalui adanya kantor daerah nanti dapat dimanfaatkan tidak hanya pemangku kebijakan di daerah tapi juga seluruh masyarakat daerah, dapat menyampaikan seluruh aspirasi, ide gagasan untuk ditindaklanjuti di tingkat pusat untuk kemajuan daerah," lanjutnya.

Pada kesempatan ini, La Nyalla juga menyampaikan apresiasi kepada Pemprov Jawa Timur yang sejak 2010 sudah meminjamkan ruang kantor sementara DPD RI di kompleks Kesbangpol Jatim di Jalan Putat Indah Surabaya.

"Saat ini, DPD baru memiliki tiga Kantor DPD RI yang representatif di tiga provinsi yaitu Sumatera Selatan, Yogyakarta dan Nusa Tenggara Timur, sisanya di 11 provinsi sudah menerima hibah tanah dan telah melakukan balik nama atas nama DPD akan tetapi belum bisa dibangun karena masih terkena moratorium, akan tetatpi akan menjadi prioritas di kepemimpinan saya untuk dapat membangun kantor daerah tersebut," ungkapnya.

Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti berharap dapat membangun Kantor DPD di semua provinsi sehingga konektivitas antara pusat dan daerah dapat terwujud.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News