Kehadiran Ki Lengser Masih Diminati

Kehadiran Ki Lengser Masih Diminati
Kehadiran Ki Lengser Masih Diminati
SENI Lengser salah satu seni sunda yang penuh sarat akan makna, yang saat ini hampir terlupakan. Tapi ketika seni tradisional ini ditampilkan di suatu acara, menimbulkan decak kagum dan tawa masyarakat. Seni tradisional lengser ini masih eksis dan sangat digemari oleh berbagai kalangan. Baik anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua sekalipun.

Seni tradisional lengser saat ini kesenian lengser tidak hanya ada dalam acara pernikahan saja melainkan saat ini banyak digunakan untuk menyambut kedatangan para pejabat yang sedang berkunjung. Saat ini banyak sekolah yang mengadakan ekstrakurikuler seni lengser. Salah satunya adalah SDN Bojong Tengah Pusakajaya.

Menurut kepala sekolah SDN Bojong Tengah Rohimah SPd mengatakan, seni lengser kaya dengan berbagai atraksi seni, dan melibatkan banyak seniman. Ada aneka tarian, seni karawitan, bodoran, pelajaran tentang kehidupan yang ditunjukkan simbol-simbol kesenian. Kesenian ini melibatkan sejumlah pemain gamelan, penari, pembawa umbul-umbul, dan Ki Lengser. Kehadiran Ki Lengser atau Mang lengser biasanya menjadi sosok yang menarik perhatian penonton.

“Didakannya kegiatan ekstrakurikuler seni lengser di SDN Bojong Tengah Pusakajaya, bertujuan untuk melestarikan seni dan nilai-nilai budaya nusantara khususnya budaya sunda,” kata Rohimah.

SENI Lengser salah satu seni sunda yang penuh sarat akan makna, yang saat ini hampir terlupakan. Tapi ketika seni tradisional ini ditampilkan di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News