Kehidupan Rusia Terkini: Harga Makanan Kucing Bikin Ngeri

Kehidupan Rusia Terkini: Harga Makanan Kucing Bikin Ngeri
Seorang pedagang menghitung uang kertas rubel Rusia di sebuah pasar di Omsk, beberapa waktu lalu. Foto: Alexey Malgavko/Reuters

jpnn.com, MOSKOW - Kehidupan di Kota Moskow dan wilayah lainnya di Rusia berubah drastis setelah Presiden Vladimir Putin memutuskan menginvasi Ukraina.

Perubahan itu terutama terjadi setelah Barat menjatuhkan beragam sanksi. Kehidupan Rusia terkini pun tak terbayangkan sebelumnya. 

Jurnalis Inggris yang berbasis di Moskow Gabriel Gavin melaporkan sejumlah kebutuhan masyarakat habis, kalaupun ada, harganya meroket. Isi rak-rak di supermarket telah dilucuti.

Beberapa minggu yang lalu antrean masih terlihat di Gagarin Square di pusat Moskow. Anak muda Rusia yang kaya, menunggu giliran masuk ke kelab mewah atau restoran trendi di sana.

Hal yang berbeda sekarang. Dengan sanksi Barat kepada Rusia, ratusan perusahaan internasional angkat kaki.

Di pusat perbelanjaan kelas atas di Gagarinskiy, ada banyak barang mulai dari makanan cepat saji hingga pakaian impor sebelum toko tutup untuk selamanya. Rubel terdepresiasi dengan cepat.

Warga setempat khawatir kekurangan kebutuhan di rumah dan penjatahan akan segera terjadi.

“Mereka tidak memiliki apa pun yang saya butuhkan. Semua yang tersisa pun terlalu mahal,” kata seorang warga yang cemas, yang menelepon ke supermarket Auchan dalam perjalanan pulang dari kantornya.

Realitas kehidupan Rusia terkini berubah drastis setelah Barat menjatuhkan beragam sanksi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News