Kekuatan Warna Lukisan Goenawan Mohamad

Kekuatan Warna Lukisan Goenawan Mohamad
Goenawan Mohamad (kedua dari kanan) bersama sejumlah tokoh yang mengunjungi pameran tunggal seni lukis karyanya. Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Goenawan Mohamad mengaku lebih sreg melukis dibandingkan menulis. Sastrawan terkemuka di Tanah Air bernama lengkap Goenawan Soesatyo Mohamad itu menggambar sejak kecil.

“Sebenarnya, saya lebih sreg menggambar dibandingkan menulis," ujar Goenawan Mohamad di Jakarta, Kamis (31/5).

Goenawan bersama Faber-Castell melakukan pameran tunggal seni lukis "warna" di Plaza Senayan, Jakarta. Pameran tersebut terdiri atas 31 lukisan karya belum dipublikasikan.

Goenawam mengatakan, dalam melukis dirinya tidak membutuhkan waktu lama. Rencananya dalam waktu dekat, ia akan kembali melakukan pameran tunggal dengan menampilkan 200 karya lukis.

"Saya menggambar sejak kecil, tetapi apa saya sudah jadi perupa? Belum. Itu juga yang menjadi pertanyaan saya," katanya.

Goenawan mengaku lebih senang menggambar dengan menggunakan pensil warna Faber Castell karena bisa menggabungkan pensil dan cat air. Sebagian besar lukisan yang ditampilkan mengenai atau salah satu jenis wayang khas Tionghoa.

Disinggung mengenai tema pamerannya, dia menjelaskan bahwa warna mempunyai petualangannya sendiri. Tidak hanya sekadar mengulang apa yang tampak oleh seorang perupa.

"Dalam karya cat air, sering warna mengikuti alur dan percampurannya sendiri, seakan-akan hidup, bergerak dari tangan perupa, dalam kebasahan ke atas kertas," ujarnya.

Sastrawan terkemuka di Tanah Air, Goenawan Mohamad mengaku lebih sreg menggambar dibandingkan melukis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News