Kelakar Pak Jokowi soal Sapi Kementan Senang Diternakkan di Desa Parsingguran

Kelakar Pak Jokowi soal Sapi Kementan Senang Diternakkan di Desa Parsingguran
Presiden Joko Widodo meninjau peternakan sapi belgian blue di Desa Parsingguran, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Rabu (31/7). Foto: Kementan

jpnn.com, HUMBANG HASUNDUTAN - Presiden Joko Widodo alias Jokowi sempat berseloroh saat mengunjungi proyek percontohan pengembangan ternak sapi jenis belgian blue di Desa Parsingguran, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Rabu (31/7). Jokowi berkelakar dengan menyebut sapi dari bibit unggul bantuan Kementerian Pertanian (Kementan) itu senang dikembangbiakkan di Parsingguran.

“Ini sapi baru tiga hari datang. Ini juga diajari Menteri Pertanian. Baru tiga, biar nyoba. Tetapi tadi ditanya, sapinya katanya senang. Oke, berarti tambah lagi,” kata Jokowi kepada para jurnalis yang meliput kunjungan kerjanya.

BACA JUGA: Indonesia Miliki Masa Depan Swasembada Daging Melalui Belgian Blue

Sapi jenis belgian blue bisa mencapai bobot 1,5 ton apabila diternak dengan baik. Jika proyek percontohan itu berhasil, Kementan akan mengembangkannya di daerah lain.

Digedein dulu, nanti kalau betul-betul produktif, bisa menjadi contoh. Tinggal kopi ke tempat lain gampang. Karena di Humbang Hasundutan mungkin dikembangkan lagi, di Karo dikembangkan lagi, di Tapanuli Utara kembangkan lagi,” jelasnya.

Pada kesempatan Presiden Jokowi juga meninjau lahan pertanian di Desa Parsingguran yang sejak akhir 2018 dikembangkan untuk budi daya bawang putuh. Lahan satu hektare di Desa Parsingguran mampu menghasilkan kurang lebih 16,4 ton bawang putih.

BACA JUGA: Ekspor Produk Pertanian Indonesia Terus Meningkat

“Kita harapkan paling tidak bawang putih tidak usah untuk suplai nasional, tetapi untuk suplai Provinsi Sumatera Utara saja itu sudah mengurangi impor banyak sekali,” kata Presiden Ketujuh RI itu.(fat/cui/jpnn)


Presiden Joko Widodo alias Jokowi sempat berseloroh saat mengunjungi proyek percontohan pengembangan ternak sapi jenis belgian blue di Desa Parsingguran, Humbang Hasundutan, Sumut.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News