Kemajuan Ramdan Lebihi Perkiraan

Kemajuan Ramdan Lebihi Perkiraan
Kemajuan Ramdan Lebihi Perkiraan
SURABAYA - Kondisi Ramdan Aldil Saputra, bocah penderita kelainan liver atresia bilier yang Sabtu (24/4) lalu menjalani cangkok hati di RSUD dr Soetomo, meningkat dengan pesat. Evaluasi secara fisik, laboratorium, dan radiologi terhadap balita 3,5 tahun asal Trenggalek, Jawa Timur, itu kemarin (25/4) menunjukkan hasil yang memuaskan.

     

"Fisik baik, anaknya sudah sadar, nangis-nangis, melek-melek, tapi tidur lagi karena masih di bawah pengaruh obat-obatan. Tensi, respirasi, dan lain-lain juga baik,"kata dr Sjamsul Arief SpA(K) MARS, dalam konferensi pers sekitar pukul 11.00 kemarin. Sjamsul merupakan ketua tim liver transplant RSUD dr Soetomo yang melakukan transplantasi hati terhadap Ramdan.

     

Seperti diketahui sebelumnya, awal Januari lalu Jawa Pos mengirimkan sembilan dokter dan dua perawat spesialis asal RSUD dr Soetomo ke Tiongkok. Mereka dikirim untuk belajar mendalami transplantasi liver di Oriental Organ Transplant Center (OOTC) Tianjin. Lembaga yang bernaung di bawah Tianjin First Central Hospital itu merupakan pusat transplantasi organ terbesar di dunia.

     

Sjamsul adalah salah satu dokter yang ikut dikirim ke Tianjin. Selain ahli penyakit liver anak itu, ada ahli bedah anak dr Poerwadi SpB SpBA dan dr IGB Adria Hari Astawa SpB SpBA, serta ahli bedah digestif dewasa dr Iwan Kristian SpB KBD dan dr Vicky Sumarki Budipramana SpB KBD.

     

SURABAYA - Kondisi Ramdan Aldil Saputra, bocah penderita kelainan liver atresia bilier yang Sabtu (24/4) lalu menjalani cangkok hati di RSUD dr Soetomo,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News